-->

Sunday, March 24, 2019

Salah satu aspek yang bisa mendorong kemajuan sebuah desa adalah sektor pariwisata atau dikenal juga sebagai wisata desa. Bagi kalian yang ingin memajukan Desa tempat tinggalnya mungkin ini saatnya berhubung Desa sekarang ini menjadi sorotan dari berbagai pihak. Hal itu tidak lepas dari dukungan pemerintah yang mendorong desa melalui Dana Desa dan kemudian muncul juga Badan Usaha Milik Desa atau yang lebih dikenal dengan nama BUMDES sebagai motor penggerak kemajuan perekonomian Desa.

Meski begitu masih banyak yang belum mengerti akan seksi-nya daerah pedesaan baik itu dari unsur-unsur Pemerintahan Desa maupun Lembaga Kemasyarakatan Desa seperti Karang Taruna. Kebanyakan beranggapan bahwa wisata desa itu harus Desa Wisata yang ada karena sudah dianugrahkan oleh Tuhan melalui alam seperti wisata curug, wisata pantai, wisata danau saja.

Padahal ada beberapa wisata yang bisa dikembangkan di pedesaan yang bukan Desa Wisata, berikut Pesona Wisata Yang Bisa Kamu Kembangkan di Desa :


  • Wisata Sawah


Wisata Sawah
Konsep Wisata Sawah

Sawah adalah tanah yang digarap dan diairi untuk tempat menanam padi. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), hingga tahun 2018 Indonesia tercatat memiliki 7,1 Juta Hektare hamparan sawah dan berpotensi terus berkurang seiring dengan meningkatnya pembangunan perumahan maupun pabrik industri yang memanfaatkan area pesawahan.

Penggunaan sawah sebagai tempat wisata tentu bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif, karena pemanfaatannya bisa dibilang tanpa merusak ekosistem sawah itu sendiri maupun mengganggu mata pencaharian para petani.

Konsep pemanfaatannya bisa dengan membuat spot selfie di tengah sawah melalui jalan yang sudah disiapkan terlebih dahulu agar tidak merusak tanaman padi. Bisa juga dengan memanfaatkan gubuk-gubuk sebagai tempat makan-makan dan beristirahat layaknya cafe-cafe.

Beberapa daerah sudah lebih dahulu memanfaatkan sawah sebagai salah satu potensi wisata melihat eksotisnya suasana alam di pesawahan. Daerah tersebut diantaranya Desa Kemetul, Desa Pujon Kidul dan masih banyak lagi. Lalu kapan desa kamu membuat wisata sawah?

  • Wisata Sungai

Pesona Wisata Sungai
Pesona Wisata Sungai

Selain sawah, anugerah alam lainnya yang bisa dimanfaatkan sebagai objek wisata yaitu sungai. Hampir setiap wilayah di Indonesia di lalui oleh sungai baik itu yang besar maupun hanya sebatas selokan kecil. Tak perlu beranggapan bahwa wisata sungai hanya sebatas arung jeram saja, daerah bantaran sungai yang bersih bisa juga kita manfaatkan sebagai tempat berkumpul, makan-makan sambil melihat aliran sungai yang bersih dengan air yang jernih.

Kita juga bisa menambahkan beberapa spot untuk kegiatan outbond baik itu untuk dewasa maupun untuk anak-anak, atau bisa juga dengan menambahkan spot selfie yang instagramable. Sebagai contoh daerah wisata Sayang Kaak yang bertempat di Desa Handapherang dengan BUMDES sebagai pengelola wisatanya.

Sungai atau selokan yang bersih, terawat menjadi syarat utama dari objek wisata sungai, untuk itu bagi kali yang memang ingin menciptakan objek wisata sungai mulailah dari sekarang merawat sungai agar manfaat yang dirasakan tidak hanya sebatas keperluan pertanian dan perikanan saja. Mulailah untuk tidak membuang sampah ke sungai agar ekosistem sungai terjaga dengan baik dan jauh dari bahaya banjir.

  • Wisata Perkemahan

Wisata Perkemahan
Wisata Perkemahan

Pesona wisata kali ini yaitu daerah pegunungan, bagi kalian yang bertempat tinggal di daerah pegunungan bersyukurlah karena 90% suasana pegunungan yang masih sejuk dan jauh dari polusi bisa kita manfaatkan sebagai objek wisata. Hal itu menjadi pilihan para pecinta alam sebagai tempat berkemah, bahkan kalian bisa bekerja sama dengan sekolah-sekolah yang nota bene menjadi tempat lahirnya Pramuka.

Secara ekonomi penyewaan tenda, maupun hadirnya warung-warung dadakan di lokasi perkemahan bisa menambah pendapatan baik itu secara pribadi maupun organisasi atau pengelola. Jangan takut untuk memulai karena sebelum daerah pegunungan habis untuk dibangun vila.

Meski lebih menitik beratkan di daerah pegunungan, kalian juga bisa mencoba daerah yang masih dipenuhi pepohonan ataupun perkebunan sebagai tempat berkemah.

  • Wisata Kebun Pertanian (Agrowisata)

Wisata Kebun Pertanian
Wisata Kebun Pertanian

Beruntunglah kalian yang memiliki potensi desa dari hasil alam seperti buah-buahan ataupun sayuran. Kebun pertanian tempat tertanamnya hasil alam tersebut bisa kalian manfaatkan sebagai objek wisata. Sebagai contoh agrowisata anggur - Sumberbondo, Ponorogo dimana disana kalian bisa menikmati indahnya kebun anggur sekaligus menikmati sensasi memetik langsung buahnya.

Ada juga Kebun Strawberry - Ciwidey, Bandung yang memberikan suguhan kepada para pengunjung berupa keindahan alam Ciwidey dengan bonus memetik buah starwberry. Masih banyak lagi objek wisata kebun pertanian atau dikenal juga dengan nama agrowisata yang bisa kalian kunjungi. Eit, masa sih kalian hanya ingin berwisata saja? Kenapa tidak menciptakannya?

Melalui wisata perkebunan bisa juga dijadikan sebagai sarana edukasi bagi para pengunjung tentang bagaimana caranya bercocok tanam yang baik dan benar.

  • Wisata Adat dan Religi (Pesantren)

Wisata Religi Pesantren
Wisata Religi Pesantren

Sekolah keagamaan seperti Pesantren bisa juga dimanfaatkan sebagai objek wisata, tak perlu beranggapan harus memiliki asal usul maupun jejak para wali. Sebuah pesantren yang memiliki adat budaya yang kental bisa menjadi nilai plus dari wisata budaya religi.

Perlu difahami bahwa sekolah di pesantren tidak hanya sebatas keagamaan saja, banyak pesantren di Indonesia yang mengajarkan kemandirian terhadap santrinya melalui usaha-usaha kecil seperti menenun, menjahit, las, bercocok tanam dan masih banyak lagi.

Jangan hanya terpaku pada 5 contoh diatas, jika kalian ingin memajukan desa melalui wisata, kalian bisa ciptakan-hal-hal baru yang lebih positif dan mampu meningkatkan pendapatan asli desa tentunya.