-->

Sunday, April 28, 2019

Matahari merupakan bintang di pusat Tata Surya. Bentuknya nyaris bulat dan terdiri dari plasma panas bercampur medan magnet. Diameternya sekitar 1.392.684 km, kira-kira jika dibandingkan dengan Bumi, Matahari besarnya 109 kali diameter Bumi, dan massanya sekitar 2×1030 kilogram setara dengan 330.000 kali massa Bumi dan mewakili kurang lebih 99,86 % massa total Tata Surya (sumber : Wikipedia).

Energi matahari merupakan sumber utama energi atmosfer yang penyebarannya di seluruh muka bumi merupakan pengendalian yang besar terhadap cuaca dari iklim, selain berpengaruh terhadap tanaman dan binatang. Banyak manfaat energi matahari yang dirasakan makhluk hidup, baik manusia, hewan dan tumbuhan.

Sebagai energy, sinar matahari ini tidak dapat dibentuk maupun dimusnahkan namun dapat diubah ke dalam bentuk lain. Nah diubah ke dalam bentuk lain ini dapat ditransfer manjadi salah satu sumber energy yang bermanfaat bagi kehidupan.

Manfaat matahari bagi manusia di antaranya sebagai sumber energi listrik, sumber penerangan serta manfaat lain di bidang kesehatan. Manfaat matahari bagi hewan misalnya untuk menghangatkan tubuh atau membantu proses pertumbuhan bagi hewan.

Sementara manfaat matahari bagi tumbuhan digunakan untuk membantu proses fotosintesis agar tumbuhan dapat menghasilkan makanan sendiri. Adapun manfaat matahari bagi alam penting untuk mengatur tata surya dan sebagai sumber energi yang tidak terbatas.

Selain itu ada banyak manfaat energi matahari bagi makhluk hidup yang lain. Salah satu akibat revolusi bumi terhadap matahari juga membantu pembuatan sistem kalender masehi. Untuk itu kami akan bahas mengenai fungsi dan manfaat matahari yang lainnya.

Selain menjadi sumber kehidupan bagi mahluk hidup di bumi, energy matahari kini telah banyak dimanfaatkan dalam berbagai hal untuk kepentingan manusia. Untuk mengetahui mengenai apa saja manfaat energy matahari, berikut kami sajikan pembahasannya untuk Anda. Adapun manfaat-manfaat energy matahari tersebut antara lain sebagai berikut :

Manfaat Energi Matahari

Manfaat Cahaya Matahari
Indahnya Cahaya Matahari

Matahari Merupakan Sumber Energi Yang Tidak Terbatas

Energy matahari dapat menjadi sumber energy panas yang tak terbatas pada manusia karena tidak akan pernah habis meskipun dipakai berulang-ulang. Bayangkan umur bumi saat ini menurut berbagai sumber kurang lebih 4.543 Miliar Tahun dan selama itulah Matahari tetap ada menerangi alam ini dan selama itu pula Matahari bermanfaat bagi mahluk hidup di muka bumi ini.

Matahari Merupakan Pengatur Tata Surya

Matahari merupakan pusat tata surya kita di dalam galaksi bima sakti. Planet-planet, termasuk bumi, serta satelit yang berada di dalam tata surya ini akan berevolusi mengelilingi matahari. Hal ini dikarenakan adanya gravitasi yang terdapat pada matahari yang dapat membuat planet-planet tersebut mengelilingi matahari dan membentuk tatanan tata surya pada galaksi bimasakti.

Pembangkit Listrik Tenaga Matahari

Matahari merupakan salah satu sumber energy panas yang kekal di bumi. Dengan semakin berkembangnya teknologi yang diciptakan manusia, energy matahari dapat dimanfaatkan menjadi pembangkit listrik tenaga matahari. Listrik dari energy matahari ini cukup aman dan ramah lingkungan karena tidak menghasilkan polusi udara. Selama cahaya matahari masih ada, pembangkit listrik tenaga matahari ini akan selalu dapat dihasilkan.

Di Indonesia sendiri sudah banyak yang menerapkan panel surya untuk mengkonversi energi Matahari menjadi energi listrik, meskipun faktanya peralatan seperti panel surya, batre dan alat pendukung lainnya saat ini masih tergolong mahal.

Sumber Penerangan Alami

Matahari dapat memberikan cahaya pada bumi sehingga tidak menjadi gelap gulita. Cahaya yang berasal dari matahari ini membantu mata kita untuk melihat lingkungan sekitar selain dari cahaya lampu. Meskipun demikian, cahaya lampu membutuhkan energy listrik lain agar menyala sedangkan sinar matahari tidak membutuhkan apapun.

Secara spesifik kita juga bisa mengkategorikan manfaat energi Matahari, berikut kita bahas melalui artikel dibawah ini :

A. Manfaat Matahari Untuk Manusia

1. Membantu Kesehatan Tulang

Energy matahari dapat berguna untuk menjaga kesehatan tulang secara alami. Sinar matahari ini dapat mengubah pro vitamin D dalam tubuh menjadi vitamin D yang sangat berguna untuk kesehatan tulang. Namun sinar matahari yang baik untuk kesehatan tulang ini ada waktunya, yaitu antara pukul 7 hingga kira-kira pukul 8.30 pagi. Maka tidak heran apabila banyak bayi, pasien pasca operasi maupun pemulihan dijemur dibawah sinar matahari pagi.

2. Membantu Proses Pengeringan

Untuk manfaat yang satu ini, sudah tidak perlu diragukan lagi, kita semua telah kita ketahui secara pasti. Dengan panas matahari, kita dapat mengeringkan pakaian yang kita cuci dan mendapatkan manfaat berlebih jika kita juga memanfaatkan matahari untuk membantu proses pengeringan kerupuk, ikan asin, serta membantu dalam proses pemanenan garam. Banyak sekali orang-orang yang menggantungkan hidupnya dari Cahaya Matahari.

Matahari juga membantu proses terbentuknya awan dengan menguapkan permukaan yang berair sehingga air tersebut menguap dan mengkristal membentuk awan. Setelah awan terbentuk, matahari terus menyinarinya dan membuatnya kembali mencair menjadi peristiwa alam yang kita sebut hujan.

2. Membantu Manusia Beristirahat Dengan Baik

Menurut berbagai sumber, disebutkan bahwa jika seseorang terpapar sinar matahari selama kurang lebih 6 jam setiap harinya, individu tersebut akan menjadi segar di petang hari, terutama jika individu tersebut terpapar sinar matahari di sore hari. Sedangkan setelah petang, semakin malam agak larut, individu akan merasa mengantuk seiring dengan mereka terpapar cahaya lampu atau cahaya buatan lain yag membuat mereka merasa mengantuk, sehingga dapat beristirahat dengan baik.

3. Sebagai Pereda Rasa Nyeri

Siapa yang menyangka bahwa sinar matahari dapat digunakan sebagai analgesic atau pereda rasa nyeri? Ya! Beberapa penelitian yang telah dilakukan universitas-universitas ternama menunjukkan bahwa sinar matahari dapat digunakan sebagai pereda rasa nyeri. Hal ini ditunjukkan dari hasil penelitian terhadap pasien pasca operasi yang meras lebih nyaman dan tidak mudah stress setelah terpapar sinar matahari dibandingkan dengan pasien yang hanya tinggal di kamar.

4. Membantu Membakar Lemak

Manfaat lain dari sinar matahari bagi manusia adalah membantu membakar lemak baik yang berada di bawah jaringan kulit maupun yang berujung pada penyakit jantung dan kolesterol. Cahaya matahari dipercaya dapat membantu meluruhkan dan menjauhkan berbagai macam penyakit akibat lemak serta dapat memaksimalkan fungsi metabolism tubuh.

5. Membantu Mengatur Masa Hidup Manusia

Telah disebutkan diatas bahwa matahari sangat berperan penting dalam kehidupan manusia. Melaui siklusnya, cahaya matahari secara tidak langsung mempengaruhi genom manusia untuk menentukan berapa lama ia akan hidup.

B. Manfaat Energi Matahari Untuk Tumbuhan

1. Membantu Proses Fotosintesis

Masih ingat kalian pelajaran IPA waktu di Sekolah Dasar? Salah satu yang diajarkan oleh guru waktu itu adalah proses "Fotosintesi". Yaitu salah satu cara tumbuhan untuk menghasilkan makanan dan energi. Fotosintesis adalah pembuatan makanan oleh tumbuhan hijau melalui suatu proses biokimia pada klorofil dengan bantuan sinar matahari. Karena kemampuannya membuat makanan sendiri, tumbuhan hijau dikenal sebagai organisme autotrof.

Selain dapat membantu tumbuh dan berkembangnya tanaman, proses fotosintesis nantinya juga akan menghasilkan oksigen yang sangat berguna bagi manusia dan hewan. Jadi dapat dikatakan bahwa matahari memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan, terumata kehidupan manusia.

2. Membantu Menjaga Suhu Tumbuhan

Bagi tumbuhan, cahaya matahari juga dapat berguna untuk menjaga temperaturnya agar tetap seimbang dan stabil. Temperature yang rendah akan membuat penguapan tumbuhan menjadi lama dan menjadikanya layu hingga mati. Sedangkan temperature yang tinggi akan membuat penguapan tumbuhan menjadi cepat sehingga menjadi kering.

3. Membantu Pertumbuhan Bunga dan Daun

Untuk tanaman, energi matahari juga dapat membantu dalam pertumbuhan Bunga dan daun. Warna merah yang menjadi salah satu panjang gelombang matahari ini dapat diserap oleh tumbuhan guna pertumbuhan bunga serta pelebatan daun.

4. Sumber Nutrisi Terbaik Tumbuhan

Cahaya matahari dapat menjadi sumber nutrisi terbaik bagi tumbuhan. Hal ini ini berdasarkan sebuah percoban dengan menyimpan tumbuhan pada ruangan tertutup dengan cahaya buatan. Meskipun tumbuhan masih dapat tetap tumbuh dengan cahaya buatan tersebut, namun ia tidak mendapatkan energy sebaik energy dan nutrisi yang berasal dari cahaya matahari.

5. Membantu Mengeringkan Tanah

Beberapa jenis tumbuhan seperti bunga matahari sangat membutuhkan cahaya matahari dalam proses pertumbuhannya. Penanaman bunga matahari ini memerlukan tanah yang kering ketika persebaran biji dikrenakan ia akan mudah layu dan mati apabila tumbuh dalam tanah yang lembah. Nah dalam pengeringan tanah untuk menanam bunga matahari ini diperlukan cahaya matahari.

Itulah manfaat matahari secara umum baik bagi manusia maupun bagi tumbuh-tumbuhan, selanjutnya Manfaat Energi Matahari Bagi Hewan akan kita bahas pada artikel berikutnya.