-->

Monday, July 10, 2017

Kalian mungkin heran dengan penampilan pencarian google hari ini, disematkan sebuah logo yang mungkin dari kalian ada yang belum tau. Hari ini adalah hari kelahiran Eva Ekeblad, siapa itu Eva Ekeblad?


Eva Ekeblad adalah putri dari Magnus Julius De la Gardie (Ayah) dan  Countess Hedvig Catharina Lillie (Ibu). Wanita kelahiran 10 Juli 1724 yang mendapatkan penghargaan sebagai Wanita Pertama yang terpilih untuk Academy of Sciences pada tahun 1748. Pada 26 Januari 1741 Eva menikah dengan Count dan politisi Claes Ekeblad (32). Diri itu Eve ketika berusia 16 ½ tahun. Claes mengambil Stola rumah, Kalland, 15 km dari Lidköping dan Ekebladska rumah di Stockholm pada kemudian Norrmalmstorg, (sekarang Gustav Adolfs Square pada tempat di mana Raja Gustav III memerintahkan pembangunan Opera), dan Hawa memerintah rumah tangga besar.




Pada Tahun 1748 Eva Ekeblad menjadi wanita pertama terpilih sebagai anggota dari Academy of Sciences. kontaknya dengan akademi dimulai pada salah satu pertemuan mereka (November 5, 1748) ketika diumumkan bahwa "grevinnan Ekeblad membuat berbagai upaya untuk menggunakan tepung kentang dan bubuk." Dia juga telah dikirim dengan sampel dan deskripsi tentang bagaimana untuk pergi tentang itu. Tes ini juga bisa dicampur dengan oatmeal untuk roti atau untuk membakar vodka dari kentang. Sampel dan deskripsi diajukan untuk pendapat kepada Jonas Alströmer dan ilmuwan Jacob Fagot (1699-1777), yang menyukai apa yang dia capai dan memuji itu pada pertemuan Academy November 19 tahun itu. Ide-ide juga dicetak dalam dokumen tahun ini (1748).
Manfaat dari pembakaran roh kentang adalah bahwa Anda tidak harus menggunakan pasokan kecil gandum dan barley seperti yang telah mereka untuk produksi vodka, juga bisa menggunakan produk-produk limbah untuk pakan ternak. Potatispudret dia menghasilkan baik untuk bubuk wig dengan.

Anggota Dewan Nils Palmstierna (1696-1766) menyarankan bahwa Academy akan mulai untuk membawa anggota bahkan perempuan:
"Kecuali Akademi bisa memanggil anggota runtuh wanita, yang tidak dapat obrukeligit di sosialita asing, seperti Marquise de Chatelet di Bolongiska Academy. Disarankan Oleh karena itu istri countess Ekeblad, sebagai hasil dari pikiran yang luar biasa ia jatuh untuk mempekerjakan eksperimental, tidak gagal untuk lebih memberikan masing-masing memberikan bukti yang berguna di tangan. "
Sudah pada tanggal 3 Desember tahun yang sama ia terpilih, secara aklamasi, dan 14 hari kemudian mereka menerima surat dari dia. Meskipun ia adalah anggota dari Akademi, ia berpartisipasi secara pribadi tidak pernah dalam pertemuan-nya. Beberapa tahun kemudian, Akademi tampaknya telah dianggap sebagai semacam anggota kehormatan dari menit 19 Januari 1751, ia mengatakan "Ibu riksrådinnan Ekeblad setelah sebelum ini membuat kesepakatan tidak dihitung di antara anggota ordinaira". Dia dikirim penelitian belum baru, termasuk bomullslärftsblekerier sabun (Desember 1751) dan pemutihan dari benang kapas (April 1752) - dan kontribusi tersebut dicetak dalam dokumen.

tanaman kentang dari percobaan ilmiah nya memiliki produksi brendi kentang menjadi cara yang paling canggih - tetapi ide ini tidak baru. Sudah pada 1741 Parlemen telah memberikan laporan kuliah kentang adalah kualitas luar biasa, seperti yang dinyatakan "juga dapat digunakan untuk produksi brendi." Inisiatif ini diyakini berasal dari Jacob Albrecht von Lantingshausens (1699-1769) yang duduk di panitia dan merasa kentang menembak dari benua. suami Eva, Claes, lalu duduk di Dewan, karena ia menunjukkan besar bunga Kentang mungkin itu tidak mengherankan bahwa itu adalah istrinya yang membuat upaya.
Namun, itu tidak esai Hawa yang menjadi penting untuk masa depan, melainkan pernyataan bahwa Board of Trade dicetak di 4.000 eksemplar, yang didistribusikan di kabupaten.

Dalam sumber-sumber kontemporer menyebutkan Eva sekarang dan kemudian - dia adalah salah satu wanita paling senior negara itu. Bersama suaminya, dia memiliki seorang putra dan beberapa putri:
* Claes Julius 1742-1808 (66 tahun)
* Hedvig Catharina 1746-1812 (66 tahun)
* Eva Magdalena 1747-1824 (77 tahun)
* Beata Charlotta 1748-1771 (23 tahun)
* Agneta Sofia 1750-1824 (74 tahun)
* Ebba Maria 1752-1839 (87 tahun)
* Brita Lovisa 1754-1755 (meninggal berusia 2 bulan)

Anak Claes Julius Ekeblad, yang menjadi baik Gen (1782) dan Gubernur Georgia (1784), telah menggambarkan ibunya dengan cara ini: "Dia mengambil tongkat di rumah besarnya di Ekebladska rumah" dan meskipun suasana temperamental nya di peternakan Stola "di mana ia memerintah dan berdiri dengan tangan parah dan diadakan Inkuisisi dengan petugas pengadilan dan membaca hukum bagi mereka."
Eve meninggal 15 tahun setelah suaminya pada 15 Mei 1786 di Lidköping, 61 tahun.

Ini akan mengambil 209 tahun sebelum wanita berikutnya terpilih untuk Academy of Sciences. 1951, fisikawan Austria dan radioaktivitas dan fisikawan nuklir Lise Meitner (1878-1968), anggota perempuan asing pertama dari Swedish Academy of Scienc