-->

Sunday, August 6, 2017

Hewan Unik Hasil Kawin Silang

Harus kita akui bahwa perubahan iklim yang tidak menentu membuat kehidupan alam semakin liar, yang kuat yang bertahan, yang lemah akan kalah. Beberapa mahluk hidup mungkin terancam punah karena tidak mampu bertahan dengan kerasnya alam. Tak hanya itu , kemampuan berpikir manusia pun melibatkan benda mati menjadi sasaran agar tetap bertahan hidup. Meski tumbuhan dan hewan termasuk sumber daya alam yang dapat diperbaharui, jika dieksploitasi dan tidak dipelihara dengan baik akan membuatnya terancam punah.

Beberapa dekade ini, sulit sekali melihat beberapa spesies hewan karena diburu manusia. Melihat hal tersebut, manusia mencoba untuk membuat spesies hewan baru dengan mengkawin silangkan hewan yang berbeda, dan ini berhasil. Tak hanya dengan bantuan manusia, di alam pun ternyata kawin silang seperti ini sudah dilakukan sendiri oleh beberapa hewan.

Penasaran hewan apa saja yang merupakan hasil kawin silang? Simak ulasannya pada artikel ini.

# Mangalitsa

Mangalitsa adalah seekor babi dari babi sumadija dengan babi bakony dan szalonta. Hewan ini pertama kali di kawin silangkan oleh pangeran serbia ketujuh putra dari kaisar Romawi Leopold II, Archduke Anton Johann pada tahun 1830an. Babi ini mempunya ciri fisik tubuh yang dipenuhi dengan bulum tebal seperti domba. Mangalitsa atau juga dikenal sebagai mangalica merupakan salah satu ras babi paling langka di dunia yang berasal dari Hungaria. Ras ini mengalami pertumbuhan rambut yang tidak biasa, yang sekilas menyerupai bulu domba. Bulu mangalitsa bisa berwarna hitam atau merah, tetapi yang paling umum ditemui adalah yang berwarna pirang.

Mangalitsa diketahui pertama kali dikembangbiakkan pada sekitar tahun 1830-an pada masa Kekaisaran Austro-Hungaria. Saat itu Archduke Joseph Anton Johann, anak ketujuh dari Kaisar Romawi Leopold II, menerima hadiah babi Sumadija dari seorang pangeran Serbia, babi-babi itu kemudian dikawinkan dengan babi lain dari jenis Bakony dan Szalonta. Dari situlah babi mangalitsa ini berasal. Mangalitsa tidak butuh perawatan khusus dan ras babi ini sangat mudah besar, lemak babi ini mencapai 65 sampai 70 persen dari berat tubuhnya.

Hewan Unik Hasil Kawin Silang
Hewan Unik Hasil Kawin Silang

# Liger

Liger merupakan hewan hasil peranakan singa jantan dan harimau betina. Karena keduanya berasal dari karnivora yang tergolong buas, liger pun punya perangai yang sama. Pada awal abad ke-18, kucing besar ini sengaja di kembangbiakkan oleh manusia, namun dialam pun ternyata hewan ini dapat ditemui meski sangat jarang sekali. Kucing terbesar ini memiliki karakteristik induknya, dia bisa berenang seperti harimau dan bersosialisasi seperti singa.

Jika seekor singa jantan dikawinkan dengan seekor liger, maka akan menghasilkan liliger yang lebih dominan seperti singa. Sedangkan jika seekor harimau jantan dikawinkan dengan seekor liger, maka akan menghasilkan tiliger yang lebih dominan seperti harimau.

Liger dapat berenang seperti karakteristik yang dimiliki oleh harimau dan dapat bersosialisasi seperti singa. Liger hanya dapat bertahan di lingkungan tertentu karena habitat induknya tidak berada di alam liar. Dalam sejarah, ketika Singa Asia mengalami musim offsping, wilayah dari singa dan harimau saling tumpang tindih. Liger biasanya tumbuh lebih besar daripada induknya, tidak seperti tigon yang cenderung seperti harimau betina.

Hewan Unik Hasil Kawin Silang
Hewan Unik Hasil Kawin Silang

# Blacan

Blacan atau Kucing bengal ini merupakah hasil persilangan antara Leopard Asia dan kucing lokal rumahan (kucing kampung). Pertama kali kucing bengal ini dikembiangkan saat abad ke-19 dan ke-20. Warna kucing ini beragam seperti warna abu-abu, coklat, orange dengan bintik hitam, rata-rata mempunyai pola seperti leopard.

Blacan adalah keturunan ketiga dari hasil persilangan antara kucing american shorthair dengan kucing asian leopard. Kucing ini berasal dari California, Amerika Serikat. Meskipun tergolong kucing hutan, namun ras bengal termasuk hewan yang banyak digemari dan dijadikan hewan peliharaan. Kucing ini memiliki ukuran badan yang panjang dengan otot-otot pada tubuhnya yang kuat. Ia memiliki tulang yang besar dan tebal, serta bulu yang tebal, rapat dan halus. Dalam proses pemeliharaannya, kucing ini memerlukan perawatan khusus pada bulunya, yaitu dengan digosok secara lembut menggunakan sikat yang halus. Populasi kucing bengal belum begitu banyak sehingga harganya tergolong tinggi, yaitu bisa mencapai 10-40 juta rupiah.

baca juga artikel unik lainnya :  7 Konsep Layangan Unik

Hewan Unik Hasil Kawin Silang
Hewan Unik Hasil Kawin Silang

# Cama

Cama adalah hibrida antara unta arab jantan dan llama betina, dan dihasilkan melalui inseminasi buatan di Pusat Reproduksi Unta di Dubai. Cama pertama lahir pada tanggal 14 Januari 1998. Hewan hasil peranakan antara lama betina dan unta jantan. Hewan ini pertama kali dikembangbiakkan pada tahun 1998 melalui inseminasi buatan. Secara fisik, cama tidak memiliki punuk seperti unta, dia memiliki telinga unta dan ekor yang panjang, sedangkan ruas kukunya terbelah seperti lama.

Hewan Unik Hasil Kawin Silang
Hewan Unik Hasil Kawin Silang

deskripsi
Baca juga berita menarik lainnya : judul

# Kucing Savannah

Kucing savannah merupakan perpaduan antara kucing Georgia dengan kucing Afrika. salah satu ras kucing hibrida yang merupakan hasil persilangan dari kucing liar Serval dari Afrika dengan kucing domestik ras Siamese, Bengal, dan Egyptian Mau. Savannah telah dinobatkan oleh Guinness World Records sebagai ras kucing terpanjang di dunia, dengan panjang 17,1 inci atau sekitar 44 cm. Savannah adalah kucing terpopuler di Amerika Serikat. Harga ras ini termasuk sangat mahal sekali, yaitu dapat mencapai sekitar $4.000-$35.000 atau sekitar 126-343 juta rupiah. Namun, harga jual ras ini di Indonesia hanya sekitar 35 juta rupiah saja. Kucing ini ada beberapa kemiripan dengan kucing bengal karena corak warnanya. Namun telingannya yang panjang membuat kucing ini terlihat seperti rubah. Perilakunya sangat jinak, hampir sama dengan anjing yang setia pada tuannya.

Hewan Unik Hasil Kawin Silang
Hewan Unik Hasil Kawin Silang

# Coywolf

Seperti namanya, coywolf hasil peranakan dari coyote (anjing hutan) dan serigala. Coywolf tidak dikembangkan oleh manusia, melainkan berkembang biak secara alami antara coyote dan serigala. Perilakunya mirip dengan serigala yang suka berburu dan agresif. Namun jika melihat pemukiman penduduk, dia akan menjauh, mirip dengan perilaku coyote.

Coywolf sendiri adalah istilah informal untuk hibrida canid yang diturunkan dari coyote dan serigala abu-abu. Hibridisasi antara kedua spesies ini difasilitasi oleh fakta bahwa mereka divergen relatif baru-baru ini (sekitar 6.000-117.000 tahun yang lalu). Studi genom menunjukkan bahwa hampir semua populasi serigala abu-abu Amerika Utara memiliki beberapa tingkat campuran dengan coyote mengikuti klise geografis, dengan tingkat terendah yang terjadi di Alaska, namun tertinggi di Ontario dan Quebec serta Kanada Atlantik.

Hewan Unik Hasil Kawin Silang
Hewan Unik Hasil Kawin Silang

# Grolar Bear

Grolar bear merupakan kombinasi antara beruang madu dan beruang kutub. Pada dasarnya, beruang kutub lebih memilih kawin diatas es, sedangkan beruang madu lebih memilih di darat. Anehnya, grolar bear ini berkembang biak secara alami di alam dan ditemukan pada tahun 2006 oleh para pemburu. Berdasarkan hasil tes DNA, grolar yang ditemukan tersebut memiliki DNA sama dengan beruang madu dan beruang kutub.

Kemungkinan beruang liar beruang kutub beruang grizzly beruang telah dilaporkan dan ditembak di masa lalu, namun tes DNA tidak tersedia untuk memverifikasi keturunan beruang tersebut. Analisis urutan beruang DNA telah menemukan beberapa contoh hibridisasi introgresif antara berbagai spesies beruang, termasuk introgresi DNA beruang kutub menjadi beruang coklat selama Pleistosen.

Hewan Unik Hasil Kawin Silang
Hewan Unik Hasil Kawin Silang

# Wholphin

Wholphin merupakan hasil perkawinan antara paus pembunuh palsu dan lumba-lumba kepala botol Atlantik. Hewan ini pertama kali ditemukan di taman Laut Oahu, Hawaii dengan menyatukan paus pembunuh dan lumba-lumba di satu kolam.

Seekor wholphin atau wolphin adalah hibrida yang sangat langka yang lahir dari perkawinan lumba-lumba konglomerat wanita biasa (Tursiops truncatus) dengan paus pembunuh palsu laki-laki (Pseudorca crassidens). Nama tersebut menyiratkan hibrida ikan paus dan lumba-lumba, walaupun taksonomi, keduanya berada dalam keluarga "samudra lumba-lumba", yang berada di dalam subordo "paus bergigi". Yang pertama tercatat wholphin lahir di Tokyo SeaWorld, tapi dia meninggal setelah 200 hari. Lumba-lumba pertama di Amerika Serikat dan yang pertama bertahan adalah Kekaimalu, lahir di Sea Life Park di Hawaii pada tanggal 15 Mei 1985; Namanya berarti "dari lautan yang damai". Meskipun mereka telah dilaporkan ada di alam liar, hanya satu yang saat ini berada di penangkaran, di Sea Life Park di Hawaii.

Mereka sangat menengah antara kedua orang tua. Karena kemacetan mungkin memiliki sekitar 88 gigi dan paus pembunuh palsu memiliki sekitar 44, seekor wholphin akan memiliki 66. Mereka lebih kecil dari paus pembunuh palsu tapi lebih besar dari pada bottlenose normal.

Kekaimalu terbukti subur saat melahirkan di usia yang sangat muda. Anak sapi itu meninggal setelah beberapa hari. Namun, pada tahun 1991, Kekaimalu melahirkan sekali lagi, kepada putri Pohaikealoha. Selama dua tahun, dia merawat anak sapi itu, tapi tidak merawatnya; Itu dipandu oleh pelatih. Pohaikealoha meninggal pada usia 9. Pada tanggal 23 Desember 2004, Kekaimalu memiliki anak ketiganya, anak perempuan Kawili Kai, dikaruniai oleh bottlenose laki-laki. Betis ini memang perawat dan sangat menyenangkan. Hanya beberapa bulan setelah kelahiran, itu adalah ukuran lumba-lumba botol satu tahun. Ketiga betis itu adalah tiga perempat lumba-lumba botol dan paus pembunuh palsu seperempat. Kekaimalu dan Kawili Kai tetap berada di penangkaran dan sekarang menjadi bagian dari tur normal di Sea Life Park.

Hewan Unik Hasil Kawin Silang
Hewan Unik Hasil Kawin Silang

# Iron Age Pig

Iron age pig merupakan hasil perkawinan antara babi hutan dan babi peliharaan. Nama iron age pig diambil karena hewan ini dikembang biakkan saat zaman besi di Eropa Kuno. Babi jenis ini sangat agresif dan sangat sulit untuk dijinakkan ketimbang babi pada umumnya.

Hewan Unik Hasil Kawin Silang
Hewan Unik Hasil Kawin Silang

# Dzo

Dzo, kadang disebut juga dengan Yakow merupakan hasil perkawinan antara yak dan sapi lokal Mongolia. Hewan ini dikembang biakan dengan tujuan untuk membantu peternakan. Tenaganya yang sangat kuat, tingkat produksi susu yang tinggi, ukuran tubuh yang lebih besar dan serat daging yang lebih bagus dari induknya sangat digemari di negeri asalnya.

Adalah hibrida antara yak dan sapi domestik. Kata dzo secara teknis mengacu pada hibrida jantan, sementara betina dikenal sebagai dzomo atau zhom. Dalam bahasa Mongol disebut khainag (хайнаг). Ada juga bahasa Inggris istilah portmanteau dari yattle, kombinasi kata yak dan ternak, serta yakow, kombinasi kata yak dan sapi.

Dzomo subur (atau, fekund) sedangkan dzo steril. Karena mereka adalah produk dari fenomena genetik hibrida heterosis (kekuatan hibrida), mereka lebih besar dan lebih kuat dari pada yak atau ternak dari wilayah ini. Di Mongolia dan Tibet, khainag diperkirakan lebih produktif daripada sapi atau sapi dalam hal produksi susu dan daging.

Dzomo bisa kembali disilangkan. Akibatnya, banyak yang diduga yak murni atau ternak murni mungkin saling membawa materi genetik masing-masing. Di Mongolia dan Tibet, hasil khainag yang disilangkan dengan seekor banteng domestik atau banteng yak disebut ortoom (tiga perempat-bred) dan sebuah ortemon disilangkan dengan banteng domestik atau banteng yak menghasilkan seekor usan güzee (seperdelapan Dibesarkan).

Hewan Unik Hasil Kawin Silang
Hewan Unik Hasil Kawin Silang

# Hinny

Hinny merupakan hasil perkawinan antara kuda jantan dan keledai betina. Secara fisik memiliki tubuh yang kecil, sehingga tidak bisa menjadi hewan pengangkut seperti induknya. Binatang ini biasanya hanya sebagai peliharaan saja.Seekor hinny adalah hibrida kuda domestik yang merupakan keturunan seekor kuda jantan, seekor kuda jantan, dan seekor keledai betina, seorang jenny. Ini adalah silang timbal balik ke bagal yang lebih umum, yang merupakan produk keledai jantan (jack) dan kuda betina, kuda betina.

Hewan Unik Hasil Kawin Silang
Hewan Unik Hasil Kawin Silang

# Baghal

Baghal merupakan keturunan kuda betina dan keledai jantan. Namun hewan yang satu ini sangat berbeda dengan hinny. Baghal mempunyai tubuh yang besar, wajah mirip keledai dengan kepala yang pendek, telinga dan rambut yang panjang. Kakinya yang kuat dapat membuatnya menjadi hewan pengangkut, namun larinya tidak secepat kuda. Karena hasil persilangan antarjenis, bagal tidak bisa menghasilkan keturunan (mandul).

Bagal sering digunakan sebagai hewan pengangkut karena bagal mempunyai tubuh yang lebih tegap dibandingkan keledai, tetapi bagal tidak mampu melangkah cepat seperti kuda.

Hewan Unik Hasil Kawin Silang
Hewan Unik Hasil Kawin Silang

# Pheasant

Pheasant Adalah burung dari beberapa genera dalam subfamili Phasianinae, dari famili Phasianidae dalam urutan Galliformes. Kisaran asli keluarga dibatasi ke Asia. Pheasant merupakan burung yang sangat indah. Burung ini hasil perkawinan antara burung pegar emas jantan dan ayam hutan amherst betina. Warna-warna bulu dari kedua orang tuanya terwariskan dengan indah pada burung yang satu ini.

Burung pegar dicirikan oleh dimorfisme seksual yang kuat, jantan yang dihiasi dengan warna-warna cerah dan hiasan seperti wattles. Laki-laki biasanya lebih besar dari betina dan memiliki ekor yang lebih panjang. Pria tidak berperan dalam membesarkan anak muda. Pheasant biasanya memakan biji dan beberapa serangga. Yang paling terkenal adalah pheasant umum, yang tersebar luas di seluruh dunia, dalam populasi liar yang diperkenalkan dan operasi pertanian. Berbagai spesies burung pheasant lainnya populer di kandang burung, seperti pheasant emas (Chrysolophus pictus)

Hewan Unik Hasil Kawin Silang
Hewan Unik Hasil Kawin Silang

# Toast of Botswana

Toast of Botswana merupakan hasil perkawinan antara kambing betina dan domba jantan. Secara fisik memiliki mantel berbulu kasar dan kaki panjang seperti kambing. Hewan ini berkembang biak secara alami tanpa bantuan manusia. Toast of Botswana pertama kali di temukan pada tahun 2000 di Botswana.

Meskipun domba dan kambing tampak serupa dan dapat dikawinkan, mereka termasuk dalam genera yang berbeda di keluarga Caprinae dari keluarga Bovidae. Domba termasuk dalam genus Ovis dan memiliki 54 kromosom, sedangkan kambing termasuk dalam genus Capra dan memiliki 60 kromosom. Keturunan pasangan kambing domba umumnya lahir mati. Meskipun ada penggembalaan kambing dan domba yang tersebar luas, hibrida sangat langka, menunjukkan jarak genetik antara kedua spesies tersebut. Meski terkadang disebut "geep", mereka tidak menjadi bingung dengan chimera kambing domba, yang diciptakan secara artifisial.

Hewan Unik Hasil Kawin Silang
Hewan Unik Hasil Kawin Silang

# Leopon

Leopon merupakan adalah hewan hasil persilangan antara macan tutul jantan dan singa betina. Secara fisik hewan ini mirip dengan macan tutul, namun kepala yang dipenuhi rambut yang berjumbai mirip dengan singa. Kepala hewan mirip dengan seekor singa sementara bagian tubuh lainnya membawa kemiripan dengan macan tutul. Hibrida ini diproduksi di penangkaran dan tidak mungkin terjadi di alam liar Hewan ini merupakan salah satu proyek dari penangkaran taman Koshien Hanshin di Kota Nishinomiya, Jepang pada abad ke-19.

Hewan Unik Hasil Kawin Silang
Hewan Unik Hasil Kawin Silang

# Zebroid

Zebroid merupakan hasil perkawinan antara keledai jantan dan zebra betina. Hasil perkawinan dua jenis hewan ini tidak sepenuhnya sama. Beragam warna dan corak tubuh yang dihasil dua hewan ini sehingga hewan tersebut dikelompokkan berdasarkan warna, seperti zony, eclyse, zorse, dan zonkey.

Hewan Unik Hasil Kawin Silang
Hewan Unik Hasil Kawin Silang

Itu dia gaes hewan unik hasil kawin silang... Menarik bukan?