-->

Thursday, October 26, 2017

Berikut 4 Wanita Gaib Yang Keberadaan Nya Masih Misterius Dalam Legenda Indonesia

Di Indonesia sangat kental dengan cerita cerita mistis yang berkembang di masyarakat atau Urban Legend, sebagian masyarakat masih percaya dengan cerita mitos yang menjelaskan tentang keberadaan 4 wanita legendaris yang paling terkenal di Indonesia.

Legenda Indonesia

4 Wanita Gaib Yang Keberadaan Nya Masih Misterius Dalam Legenda Indonesia

Mereka di sebutkan sebagai wanita wanita gaib penguasa salah satu tempat di Indonesia, keberadaan mereka masih simpang siur, ada yang mengatakan pernah melihat mereka dan bahkan melukis mereka, namun sebagian masyarakat masih percaya tentang keberadaan mereka.

Siapa saja mereka berikut kisahnya disini.

 1. Kanjeng Ratu Kidul

4 Wanita Gaib Yang Keberadaan Nya Masih Misterius Dalam Legenda Indonesia

Kanjeng ratu kidul merupakan salah satu tokoh wanita mistis yang dipercaya sebagai penguasa alam ghaib. Istana ratu ini konon berada di pantai selatan pulau Jawa, sehingga banyak dari masyarakat yang menyebut dan memanggilnya sebagai ratu penguasa pantai selatan.

Ada yang mengatakan bahwa Ratu Kidul adalah wanita yang berasal dari Sunda, Jawa atau Bali. dan ada Pula yang mengatakan bahwa sosok wanita misterius ini adalah Ratu Bilqis yang merupakan istri Nabi Sulaiman, ada pula yang menyebutnya sebagai Dewi Nawang Wulan, yaitu sosok bidadari dan istri dari Jaka Tarub.

Menurut cerita yang beredar bahwa Ratu Kidul mempunyai seorang pembantu yang setia yang bernama Nyi Roro Kidul. dan Menurut kepercayaan masyarakat setempat, sosok ratu ini merupakan sosok wanita yang cantik dan baik. dan dia telah menjaga daerah di sekitar pesisir pantai samudera hindia dari orang orang yang akan berbuat maksiat.

Menjadikan setiap orang yang akan berniat berbuat maksiat disekitar pantai ini akan berfikir dua kali sebelum melakukannya. Dan Asal usul ratu pantai selatan ini masih simpang siur dan menjadi misteri, sebagian cerita yang beredar adalah bahwa sosok ratu pantai selatan ini merupakan seorang putri bangsawan yang berasal dari kerajaan siliwangi, namun ada sebagian masyarakat yang mempercayai bahwa sosok ratu kidul ini merupakan sosok ghaib yang memiliki aliran putih atau baik.

2. Nyi Roro Kidul

4 Wanita Gaib Yang Keberadaan Nya Masih Misterius Dalam Legenda Indonesia
 
Dalam cerita rakyat yang beredar bahwa Nyi Roro Kidul atau biasa disebut Putri Lara Kadita adalah seorang putri kesayangan yang paling di cintai oleh ayahnya yaitu Prabu Siliwangi. Selain cantik dan memikat Putri Lara Kadita di kenal berbudi mulia.

Sehingga hal ini menimbulkan rasa iri dan juga dengki dari para selir dari Prabu Siliwangi. Karena rasa iri dan dengki dari para selir kemudian mereka mengirimkan sihir dan teluh kepada sang putri hingga menderita penyakit kulit yang tidak bisa di sembuhkan.

Sang Putri pun akhirnya terusir dari istana ayahnya, dan selanjutnya dia berjalan menuju ke arah selatan dan kemudian bertapa. Dalam pertapaannya tersebut, sang putri mendapat bisikan gaib untuk terjun ke laut selatan agar bisa sembuh dari penyakit kulitnya dan juga akan mendapatkan kesaktian yang luar biasa.

Namun syarat-nya sang putri harus tinggal di dasar laut dan tidak akan bisa kembali lagi ke bumi. Dan sejak saat itu ia disebut dan di juluki sebagai Nyi Roro Kidul si penguasa Laut Selatan.
Kemudian di sana ia bertakhta di sebuah kerajaan makhluk halus yang sangat besar dan indah dan ada juga yang beranggapan bahwa Nyi Roro Kidul dan Ratu Laut Kidul adalah sosok yang sama.

3. Nyi Blorong

4 Wanita Gaib Yang Keberadaan Nya Masih Misterius Dalam Legenda Indonesia
 
Menurut mitos yang beredar di masyarakat, Nyi blorong adalah sosok wanita gaib yang misterius, dia dipercaya menyebarkan kesesatan kepada manusia untuk mencari kaya lewat pesugihan.

Konon sosoknya berbentuk seperti manusia yang berbadan ular, namun cerita yang beredar ada yang mengatakan bahwa nyi blorong merupakan seorang putri raja yang bernama Nyimas Dewi Anggatasari yaitu cucu dari raja dari kerajaan caringin XI.

Kharisma kuat yang dimiliki oleh Nyi Blorong dipercaya sebagai panglima sekaligus pemimping terkuat di dalam kerajaan makhluk ha­lus Laut Selatan. Dan dengan kemampuannya itu ia dianggap sanggup untuk mewujudkan permintaan setiap manusia yang menga­jaknya bersekutu dan bekerja sama untuk mencari kekayaan.

Nyi Blorong digambar­kan sebagai sosok wanita bertubuh ular yang bisa dan mampu mendatangkan kekayaan bagi setiap orang yang mau menyembah dan bersekutu dengannya.

Konon setiap kali Nyi Blorong datang selalu meninggalkan kepingan-kepingan emas di tempat orang yang mengham­bakan diri kepadanya. Dan Emas emas tersebut sebenarnya adalah sisik sisik tubuh dari Nyi Blorong, dan akan terus mengalami perubahan setiap kali dia menerima persem­bahan sesaji.

4. Mak Lampir

4 Wanita Gaib Yang Keberadaan Nya Masih Misterius Dalam Legenda Indonesia
 
Legenda Mitos Mak Lampir atau yang lebih dikenal dengan sebutan Nenek Lampir, adalah cerita legenda masyarakat di kaki Gunung Marapi di daerah Sumatra Barat. Cerita Legenda ini berkaitan erat dengan kisah Legenda 7 Manusia Harimau yang juga berasal dari tempat yang sama.

Konon di kisahkan bahwa Mak Lampir adalah seorang putri yang aslinya berasal dari kerajaan kuno di daerah Champa. Kemudian dia dibuang karena telah men­cintai kepala pengawalnya, yaitu Datuk Panglima Kumbang. Lantas Sang putri pun sedih dan kemudian menyepi ke puncak gunung merapi hingga ia memiliki kesaktian yang tiada banding.

Datuk pang­lima kumbang yang telah lama mencari sang putri yang hilang tidak pernah menemukannya kembali. Hingga pada suatu saat mereka dipertemukan di dalam sebuah pertarungan yang menewaskan sang datuk.

Sang Putri pun sadar jika sebenarnya sang datuk juga mencintai di­rinya. Dengan kesedihan yang amat mendalam kemudian dia mengerahkan seluruh kemampuan dan kesaktiannya serta mengikat jiwa datuk ke bumi. Datuk pun berhasil dihidupkan kembali meskipun Mak Lampir harus kehilangan wajah cantiknya dan berubah menjadi seorang nenek nenek yang menyeramkan.

Namun Datuk Panglima Kumbang berpendapat lain saat melihat wajah Mak Lampir yang sangat menyeramkan. Kemudian dia mengira bahwa Mak Lampir ada­lah setan yang menyebarkan teror di kalangan masyarakat. Dari sinilah kemudian pertempuran dan permusuhannya berlanjut.
Terimakasih telah membaca artikel yang berjudul Misteri 4 Wanita Gaib Yang Keberadaan Nya Masih Misterius Dalam Legenda Indonesia, Semoga artikel ini bisa Membantu.

Baca juga berita menarik lainnya : 14 Website Paling Menyeramkan Dan Menjijikan, Yakin Berani Masuk?