-->

Monday, August 7, 2017

Heboh Jalan Dewi Sartika Diganti Menjadi Jalan Dewi Persik

Dewi Sartika adalah tokoh perintis pendidikan untuk kaum wanita. Ia diakui sebagai Pahlawan Nasional oleh Pemerintah Indonesia pada tahun 1966, Para perempuan Indonesia seharusnya sudah kenal dong dengan Dewi Sartika. Wanita yang lahir pada tahun 1884 ini merupakan pionir pendidikan bagi wanita Indonesia selain Kartini. Karena jasanya tersebut, putri bangsawan Sunda ini dianugerahi gelar Pahlawan Nasional pada tahun 1966. Untuk menghargai jasa-jasanya banyak daerah di Indonesia menggunakan nama Dewi Sartika sebagai nama jalan. Ada nggak gaess di tempat kamu nama Jalan Dewi Sartika?


Raden Dewi Sartika
Raden Dewi Sartika

Baru-baru ini Di Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat terdapat fakta Unik, nama Jalan Dewi Sartika justru diganti menjadi Jalan Dewi Perssik. Tentu saja hal ini membuat netizen geger dan Dinas Komunikasi & Informatika Kota Bekasi jadi panas dingin. Untuk itu, Dinkominfo Kota Bekasi melayangkan surat pada Google soal konfirmasi perubahan nama Jalan Dewi Sartika di Google Maps.

"Hari ini kami layangkan surat resmi kepada operator Google perihal perubahan nama (jalan) ini. Kami ingin tahu alasannya kenapa? Sebab penamaan jalan di Kota Bekasi tak bisa seenaknya diubah," terang Kepala Dinkominfo Bekasi Titi Masrifahati dikutip dari merdeka.com.

Baca juga berita menarik lainnya : Fakta Unik Kondom Yang Bikin Kamu Melongo

Rupanya bukan sejak hari ini Google seolah-olah error, perubahan nama ini sudah terjadi sejak 30 Juli 2017 lalu. Perubahan jalan ini ketahuan dari layanan Google Maps yang dapat diakses oleh publik. Kepala Dinkominfo Bekasi belum mengetahui alasan penggantian nama dari sosok pahlawan ke penyanyi dangdut nasional, Dewi Perssik tersebut.

"Saya baru dapat laporannya Sabtu (05/08). Hari itu juga saya kontak operator Google untuk minta klarifikasi namun belum direspon. Bisa jadi, ada yang iseng tapi motifnya apa? Saya belum tahu," ungkapnya.

Jalan Dewi Persik
Jalan Dewi Persik
Perubahan nama ini diduga oleh Titi sebagai akibat dari sifat Google yang open source sehingga memudahkan banyak orang melakukan edit pada fitur. "Bisa jadi ada orang lain yang memberi masukan atas layanan nama jalan tapi kan untuk mengubah yang sudah ada perlu konfirmasi dan persetujuan pihak terkait, jangan seenaknya," pungkasnya.

Sebenarnya apabila nama jalan tersebut bukanlah nama pahlawan nasional mungkin tidak akan se viral ini, namun mengingat Dewi Sartika adalah salah satu
Pahlawan Nasional Indonesia sangatlah wajar apabila Dinkominfo bereaksi sekeras itu, dan saya yakin mungkin kalian juga merasa sama seperti Dinkominfo.