-->

Monday, August 7, 2017

Mitos dan Manfaat Tanaman Hias

Semua orang pasti mengidamkan memiliki rumah yang indah, meskipun tidak megah namun sedap dipandang mata. Banyak cara untuk mendapatkan rumah seperti yang kalian idam-idamkan itu, kalau kalian mempunyai uang tak terbatas bisa saja semua tinggal membeli, atau kalian ingin lebih hemat mungkin kalian harus mencoba menghias rumah tersebut oleh kalian sendiri.

Memanfaatkan lingkungan sekitar salah satunya, seperti memelihara tanaman atau pepohonan unik, atau dengan rumput-rumputan. Menghias rumah tentu merupakan hal yang umum untuk dilakukan oleh semua orang. Dengan rumah yang terlihat rapi dan cantik orang bisa merasa bangga dan tak sungkan untuk menjamu tamu mereka. Karena itu seringkali kita melihat orang yang bergonta-ganti perabotan untuk mempercantik rumahnya.

Tak hanya perabotan saja yang dipercantik, orang biasanya juga akan mempercantik taman mereka dengan tanaman-tanaman hias yang unik agar rumah mereka terlihat lebih asri dan indah. Tanaman-tanaman ini biasanya berupa bunga atau pohon buah yang memiliki banyak warna agar terlihat indah.

# Pengertian Tanaman Hias

Tanaman hias merupakan sekelompok tanaman yang berfungsi untuk memperindah ruangan dan halaman rumah. Selain itu tanaman hias dengan jenis tertentu memiliki fungsi tertentu. Tanaman disebut sebagai penghias dikarenakan bentuk, warna dan coraknya yang indah. Berbeda dengan corak dari tanaman biasa.

Pengertian Tanaman Hias
Pengertian Tanaman Hias

# Manfaat Tanaman Hias

  • Untuk Lingkungan
Tanaman hias bermanfaat bagi lingkungan rumah dan sekitarnya. Tidak hanya sebagai penghias ruangan saja, namun tanaman hias memiliki manfaat yang lainnya. Manfaatnya adalah sebagai berikut ini :

Menyimpan Cadangan Air : Sama halnya dengan tanaman yang lainnya, tanaman hias bisa bermanfaat untuk menyimpan cadangan air hujan yang turun ke atas permukaan bumi. Lahan rumah yang tidak ditumbuhi tanaman akan terlihat kering dan juga gersang. Selain itu jumlah air tanahnya lebih sedikit dibandingkan dengan lahan yang ada tanamannya.

Penyejuk Ruangan Alami : Tanaman hias dengan jenis rambat bisa mendinginkan dan menyejukkan ruangan secara alami. Jika tanaman hias tersebut anda rambatkan ke tembok, tanaman hias itu bisa menghindari sinar matahari yang masuk ke dalam rumah. Dengan begitu suasana rumah menjadi dingin dan sejuk sebab jumlah sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan tidak terlalu banyak.

Memperindah Ruangan : Bunga hias akan memperindah ruangan khususnyta ruang tamu. Gunakanlah tanaman yang masih berakar, jangan menggunakan tanaman yang sudah dipotong. Selain membunuh tanaman, bunga itu akan mudah layu.

Mengurangi Suara Bising : Bagi anda yang memiliki rumah tepat di pinggir jalan, ada baiknya anda menanam tanaman hias untuk meredam bising. Suara bising bisa dihasilkan dari suara kendaraan bermotor dan juga aktivitas beberapa orang yang lewat di jalan tersebut. Tanaman semak dan rumput bisa meredam bising dikarenakan sifatnya seperti karpet kedap suara.

Manfaat Tanaman Hias
Manfaat Tanaman Hias


  • Untuk Kesehatan

Manfaat tanaman hias salah satunya untuk kesehatan. Jika kita meletakkan tanaman hias di dalam rumah kita, banyak keuntungan yang akan kita peroleh. Keuntungan tersebut adalah sebagai berikut ini :

Menyehatkan Mata : Tanaman hias dengan jenis mawar merah bermanfaat untuk menyehatkan mata. Mata panda yang disebabkan oleh kelelahan dan kurang tidur bisa dikurangi dengan air rendaman bunga mawar. Radang mata juga bisa diatasi menggunakan air mawar. Caranya adalah dengan meneteskan air rendaman bunga mawar sebanyak 2-3 tetes, lalu tutup mata selama dua menit.

Menurunkan Tekanan Darah Dan Kolesterol : Tanaman hias bunga mawar bermanfaat untuk kesehatan menurunkan hipertensi dan kolesterol tinggi. Bagian bunga mawar yang bermanfaat untuk menurunkan hipertensi dan kolesterol adalah bagian bijinya.

Baca juga : Manfaat Makan Pete

Tanaman hias menciptakan kelembaban : Kelembaban tersebut bisa mengurangi jumlah debu yang ada di dalam ruangan.Kelembaban juga bisa menyerap debu yang ada di dalam ruangan.

Mengurangi Debu Dalam Ruangan : Tanaman hias jika diletakkan di dalam ruangan dia bisa berfungsi sebagai pengurang debu di dalam ruangan.

Tidak Membuat Mengantuk : Jika anda tidak ingin cepat mengantuk, duduklah di dekat tanaman hias. Anda tidak akan mudah mengantuk. Alasannya adalah tngginya kadar karbondioksida atau CO2 di dalam ruangan bisa membuat kantuk, lelah dan lesu. Adanya tanaman hias di dalam ruangan bisa menyerap CO2 di dalam ruangan tersebut dikarenakan tanaman hias juga akan melakukan fotosintesis. Fotosintesis akan menyerap karbondioksida sehingga karbondioksida menjadi hilang dan tidak menyebabkan kantuk.

Menyegarkan Ruangan : Ruangan yang segar juga akan ditimbulkan dan diciptakan dengan adanya tanaman hias. Hal itu dikarenakan saat tanaman hias melakukan proses fotosintesis, dia akan mengubah karbondioksida menjadi oksigen. Ruangan yang memiliki banyak oksigen akan terasa lebih menyejukkan dan menyegarkan dibandingkan dengan ruangan yang penuh dengan karbondioksida. Ruangan segar lebih sehat untuk pernafasan.

Mengatasi Stress : Tanaman hias juga bisa dijadikan sebagi penghilang stress. Hal itu disebabkan oleh tanaman hias yang memiliki corak, bentuk dan beraneka warna yang indah akan membuat mata menjadi segar. Tidak hanya itu saja produksi oksigen yang banyak juga bisa menyegarkan badan dan pikiran. Sehingga saat mata, badan dan pikiran segar kembali. Stress akan teratasi.

Mengatasi Migrain : Banyak orang yang terserang migrain yaitu sakit kepala sebelah. Banyak faktor yang bisa menyebabkan migrain, salah satunya adalah tingginya kadar karbondioksida. Karbondioksida bisa dinetralisir dengan tanaman hias yang ada di dalam ruangan. Jika karbondioksida jumlahnya menurun atau bahkan hilang, migrain yang diderita pun akan membaik.

Membunuh Bakteri : Tanaman dengan jenis eucalyptus bermanfaat untuk membunuh bakteri karena sifatnya sebagai antiseptik alami. Saat anda pusing karena flue dan batuk , hiruplah aroma dari bunga ini. Sakit kepala diakibatkan oleh flu akan mereda sedikit demi sedikit.

Mengobati Batuk : Batuk bisa disembuhkan dengan tanaman hias jenis tertentu. Tanaman hias yang bermanfaat untuk menghilangkan batuk adalah jenis eucalyptus. Tanaman hias tersebut bisa melegakan sistem pernafasan dengan membuang dahak di dalam tenggorokan.

Baca juga : Meracik Teh Dari Kulit Apel

Meredakan Hidung Mampet : Hidung mampet merupakan salah satu jenis tanda akan terjadinya influensa. Sama halnya dengan batuk, hidung mampet bisa diredakan dengan tanaman eucalyptus. Setelah menghirup aroma eucalyptus tersebut, hidung yang mampet pun akan lega kembali.

Sebagai Aroma Terapi : Jenis tanaman hias dengan jenis tertentu ada yang berfungsi sebagai aroma terapi dikarenakan harumnya yang menawan. Dengan aroma terapi yang dikeluarkan, bisa menimbulkan efek tenang dan menimbulkan rasa segar. Orang juga bisa melakukan relaksasi menggunakan tanaman hias tersebut. Tanaman hias yang bisa berfungsi sebagai aroma terapi adalah jenis lavender.

Menumbuhkan Nafsu Makan : Fungsi tanaman hias lainnya adalah menumbuhkan nafsu makan. Tanaman kunyit bisa dipercaya sebagai penambah nafsu makan bagi anak-anak. Ada juga tanaman hias yang berfungsi sebagai penyedap masakan yaitu daun pandan.

Merapatkan Miss V : Air mawar untuk wanita sangat bermanfaat sekali, selain untuk merapatkan miss v. Air mawar juga berguna untuk mengharumkan miss v. Caranya dengan merendam bunga mawar menggunakan air hangat selama 15 menit. Lalu gunakan air rendaman tersebut untuk mencuci Miss V dan lakukan hal itu rutin selama seminggu tiga kali.

Mengatasi Bengkak Di Telapak Kaki : Bunga mawar bisa bermanfaat untuk mengatasi bengkak di telapak kaki. Caranya sangat mudah yaitu dengan merebus bunga mawar menggunakan 600 ml air kemudian minum air rebusaanya. Lakukan sehari dua kali.

Obat Keluarga : Ada jenis tanaman hias yang selain berfungsi sebagai penghias lahan rumah namun juga berfungsi sebagai tanaman obat keluarga. Tanaman itu adalah jahe, lengkuas, kunyit dan masih banya lagi lainnya.

  • Untuk Kecantikan
Tanaman hias tidak hanya berguna untuk kesehatan dan lingkungan saja. Namun ada tanaman hias yang berfungsi sebagai kecantikan. Manfaat tanaman hias untuk kecantikan adalah sebagai berikut ini :

Menyuburkan Rambut Dan Menyehatkan Bulu Mata : Lidah buaya bermanfaat untuk menyuburkan rambut dan juga menyehatkan bulu mata. Caranya adalah ambil lendirnya, kemudian oleskan pada rambut dan bulu mata.

Menyehatkan Rambut : Air mawar dari tanaman hias bunga mawar bermanfaat untuk kesehatan rambut dikarenakan mengandung penyejuk alami. Hal itu jika digunakan untuk membilas atau mencuci rambut, bisa melembabkan rambut. Rambut yang lembab akan terhindar dari kerusakan berupa rambut kering, rontok, mudah patah dan pecah-pecah.

Penghilang Jerawat : Tanaman hias bunga mawar bermanfaat untuk menghilangkan jerawat di muka. Banyak pembersih dan susu pembersih yang menggunakan air mawar sebagai bahan dasarnya. Air mawar tinggi akan antioksidan dan bisa membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat.

Menghilangkan Flek Hitam Pada Kulit : Tanaman hias yang bermanfaat untuk menghilangkan flek hitam adalah tanaman lidah buaya. Manfaatkan lendir lidah buaya, kemudian oleskan pada wajah yang ada flek hitamnya. Flek hitam akan segera menghilang.

Melembabkan Kulit : Tanaman hias jika diletakkan di dalam ruangan akan membuat suhu ruangan menjadi lembab. Akibatnya adalah kulit tidak menjadi kering karena berada di tempat yang lembab. Tanaman hias dengan jenis bunga mawar juga bermanfaat untuk melembabkan kulit. Hal itu dikarenakan air mawar bisa menjaga kadar keasaman kulit sehingga ph kulit menjadi seimbang.

Sudah terbukti bukan betapa besarnya manfaat tanaman hias yang anda pelihara, tidak ada ruginya merawat tanaman hias untuk berbagai keperluan sehari-hari kita, namun ada juga mitos tanaman hias

# Mitos Tanaman Hias

Kalian percaya mitos? ternyata dalam sejarahnya tanaman penghias rumah ini ditanam tak hanya sekedar untuk mempercantik halaman rumah saja. Karena ternyata ada pula beberapa jenis tanaman hias yang memiliki mitos khusus. Mitos ini ini biasanya berhubungan dengan urusan keberuntungan, kesehatan dan bahkan ada pula yang berhubungan dengan nasib sial. Seperti pohon-pohon berikut ini yang dipercaya oleh sebagian orang memiliki mitos tersendiri :

Mitos Tanaman Hias
Mitos Tanaman Hias
Anggur Pengikat Kesialan : Buah dengan warna ungu ini merupakan salah satu jenis buah yang cukup mahal di pasaran. Karena itu kita biasanya hanya bisa menemukan anggur di pusat-pusat perbelanjaan saja. Selain mahal untuk membudidayakan anggur juga terbilang sulit karena itu jarang orang yang menanam anggur di pekarangan rumah mereka.

Baca juga : Orang Ini di angkat menjadi Duta Edelweis setelah merusaknya

Meski begitu ada pula yang bisa menanam tanaman merambat ini di rumahnya sekaligus menjadikan anggur sebagai tanaman hias. Anggur biasanya akan digunakan sebagai penghias gazebo karena dapat mempercantik halaman. Tapi dibalik kecantikannya ini, tanaman anggur ternyata memiliki mitos yang cukup mengerikan. Konon katanya jika ada yang menanam anggur di rumahnya, maka orang itu akan dinaungi kesialan dan akan mengalami kebangkrutan pada usaha yang ia milik. Wah serem juga ya…

Teratai Pembawa Kesejahteraan : Banyak orang menganggap Teratai sebagai salah satu tanaman air tercantik yang ada didunia. Karena itu tanaman yang bisa mengapung di air ini seringkali dijadikan penghias kolam air yang ada di halaman rumah. Dengan adanya bunga Teratai sebuah kolam bisa terlihat lebih indah, terlebih saat bunga teratai bermekaran. Dengan begini otomatis rumah kita akan terlihat jauh lebih indah.

Tapi ternyata tak cuma itu saja keuntungan menanam bunga teratai di rumah, karena menurut mitos yang ada bunga yang sering digunakan sebagai gampang kedamaian ini juga bisa mendatangkan kesejahteraan pada pemilik rumah. Kesejahteraan yang dimaksud disini bukan hanya sekedar materi lho, tapi juga kebahagiaan, dan suasana harmonis dalam rumah tangga. Wah kalau dirumah ada kolam berarti patut dicoba nih untuk di isi dengan bunga teratai..

Pohon Nangka Tempat Bersarang Hantu : Daripada disebut sebagai tanaman hias, pohon nangka sebenarnya lebih tepat disebut sebagai pohon cadangan makanan. Karena pohon ini dapat menyediakan buah yang bisa dimakan atau pun di sayur. Karena itu orang-orang di desa biasanya menanam pohon nangka di samping atau belakang rumahnya. Akibat hal inilah pohon nangka sekarang justru seringkali dianggap sebagai tanaman hias.

Tapi bagi orang yang ingin menanam pohon nangka di pekarangan rumahnya wajib waspada, terutama bagi mereka yang penakut. Karena mitos nya pohon ini merupakan tempat berkumpul nya makhluk halus. Hi serem ya..

Jeruk Jinju Pengundang Kesuksesan : Jeruk Jinju atau juga biasa dikenal sebagai jeruk Emas merupakan tanaman yang sering digunakan orang Tionghoa dalam berbagai upacara. Jeruk dengan ukuran mini ini juga sering kita lihat dalam perayaan Imlek, sebagai tanaman hias di rumah. Nah hal ini juga bukan dilakukan tanpa alasan, karena menurut kepercayaan masyarakat Tionghoa, buah jeruk emas konon dapat mendatangkan kesuksesan dan kekayaan yang berlimpah pada pemilik rumah. Jadi tak heran kalau buah jeruk mini ini hampir selalu ada di kala imlek. Selain itu meski kecil buah jeruk mini ini terkenal sangat manis, jadi kalau punya pohon jeruk Emas di rumah maka untungnya bisa double, bisa dapat buah yang enak dan juga membawa hoki ke rumah.

Cabe Pemicu Perselisihan : Membayangkan cabai sebagai tanaman hias mungkin akan agak sedikit aneh. Namun nyatanya cukup banyak orang yang menanam cabai di halaman belakang rumah mereka. Entah untuk tanaman hias atau sekedar stok kalau harga cabai sedang mahal harganya, bagi mereka yang gemar makanan pedas. Bagi para pecinta makanan pedas, cabai memang sangat penting, karena tanpa cabai maka hidup mereka akan terasa hampa.

Tapi meski begitu menanam cabai di halaman rumah ternyata bukanlah hal yang baik. Karena menurut mitos yang ada, tanaman cabai bisa memicu perselisihan bagi penghuni rumah yang ada. Bagi rumah yang di halamannya ada tanaman cabai, konon penghuni rumahnya akan selalu dilanda kecurigaan terhadap orang lain. Nah hal inilah yang kemudian bisa memicu perselisihan dan pertengkaran.

Kuping Gajah Penadah Rezeki : Bagi orang yang belum pernah melihat, nama bunga Kuping Gajah (Telinga Gajah) mungkin akan terdengar aneh. Padahal tanaman yang satu ini merupakan salah satu tanaman hias yang paling populer untuk dijadikan aksesoris rumah. Dengan daun yang lebar dan tebal yang berbentuk seperti hati, tanaman ini sangat cocok untuk dijadikan hiasan rumah.

Selain cantik bunga ini ternyata juga baik untuk ditanam di rumah, karena menurut mitos yang ada kuping gajah merupakan tanaman tadah rezeki. Bunga ini dipercaya dapat mendatangkan materi yang berlimpah bagi pemilik rumah.

Bougenvil Bikin Seret Jodoh : Pohon Bougenvil sebenarnya masuk dalam kategori tanaman hias yang sangat cocok untuk ditanam di halaman karena bentuknya yang cantik. Dengan bunga yang berwarna-warni dan ranting pohon yang kecil, pohon Bougenvil dijamin akan memperindah halaman rumah mana pun.

Namun sayang ada sebuah mitos mengerikan tentang bunga ini. Menurut mitos yang ada pohon Buogenvil merupakan tanaman yang bisa membuat pemilik rumah seret jodoh atau kesulitan memiliki pasangan hidup. Selain itu bagi yang sudah menikah bunga ini juga bisa memberikan dampak yang buruk, karena mengurangi keharmonisan. Konon jika ada pohon bougenvil di halaman rumah maka suami atau anak laki-laki akan menjadi tak kerasan dan ingin selalu pergi dari rumah. Wah pohon yang satu ini sepertinya wajib dihindari para jomblo nih..

Mawar Pembawa Harmonisasi : Mawar merupakan bunga yang identik dengan romantisme dan percintaan. Karena itu bunga begitu populer dan digunakan dalam berbagai macam hal. Muali dari parfume, buah tangan hingga hiasan pada resepsi pernikahan, bunga mawar seolah tak pernah absen hadir. Hal ini cukup bisa dimaklumi karena mawar juga merupakan bunga yang indah. Karena itu kita sering pula melihat orang menanam mawar di halaman rumahnya sebagai tanaman hias.

Nah bunga ini selain indah untuk dilihat ternyata juga memiliki mitos uniknya tersendiri. Jika di taman di halaman rumah, bunga mawar konon dapat mendatangkan harmonisasi pada pemilik rumah. Harmonisasi yang dimaksud disini adalah adanya keseimbangan antara kebahagiaan dan rezeki.Jadi orang yang menanam mawar di halaman rumahnya katanya akan memiliki kehidupan yang harmonis dan damai.

Sri Rejeki Pembawa Rezeki : Dari namanya saja kita sudah bisa menebak kalau tanaman hias ini, bukanlah tanaman yang biasa dan merupakan tanaman yang konon dapat mengundang rezeki ke rumah. Tanaman ini bahkan sering disamakan dengan ikan lou Han, dalam urusan mendatangkan keberuntungan. Bagi orang yang mempercayai kemujaraban tanaman ini, katanya semakin jelas warna daun yang ada makan semakin besar pula peruntungan yang di dapat.

Karena itu pemilik tanaman sri rejeki biasanya akan merawatnya dengan sangat hati-hati agar tumbuh dengan baik. Bagi yang masih belum tahu bunga ini, mungkin masih ingat dengan tanaman aglonema yang sempat booming beberapa tahun yang lalu. Nah aglonema inilah tanaman sri rejeki itu..

Bagaimana gaess menurut kalian apakah mitos ini benar? Dan bagi yang memiliki salah satu tanaman dalam daftar ini tak perlu khawatir, semua ini masih sekedar mitos dan belum dibuktikan secara ilmiah. Namun kalau kamu penasaran, tanam saja salah satu tanaman hias di atas dan tunggu apa yang akan terjadi..