-->

Wednesday, December 27, 2017

Jenis Cemilan Unik Untuk Usaha


Bisnis makanan ringan merupakan bisnis rumah tangga yang memiliki skala home industri namun memiliki peluang yang sangat bagus untuk saat ini maupun yang akan datang. Meskipun keuntungan yang diambil itu receh, tetapi kalau permintaan pasar terus mengalir bukan tidak mungkin kita bisa bermain di partai yang besar dan mendapatkan keuntungan bisnis makanan ringan. Melihat penikmat makanan ringan, tidak hanya anak-anak, tetapi juga remaja, dewasa, hingga orang tua. Maka tidak mengherankan jika pelaku bisnis makanan yang sering disajikan sebagai selingan saat melakukan kegiatan ini sering kali kebanjiran pelanggan.

Apalagi melihat beragamnya jenis makanan ringan di Indonesia mulai dari keripik, gorengan, siomay batagor yang dijual dengan berbagai variasi harga. Membuat peluang usaha makanan ringan ini semakin terbuka lebar bagi Anda yang baru akan memulai bisnis ini.

Usaha makanan ringan

Bagi Anda yang tertarik memanfaatkan peluang usaha makanan ringan, sebaiknya buatlah persiapan yang matang, perencanaan serta lakukan beberapa riset dan analisa pasar untuk mengetahui camilan apa yang memiliki permintaan pasar cukup tinggi tetapi produsennya terbatas.

Kunci Sukses Seorang Pemula dalam Bisnis Makanan Ringan

Usaha makanan ringan memerlukan ketekunan dan manajemen yang baik. Kebanyakan pengusaha sukses bisnis makanan ringan merupakan pengusaha yang sudah lama berjualan dan memiliki pelanggan tetap, ditambah pasar makanan ringan yang sangat inovatif serta rasanya enak karena kunci utama bagi para pemula dalam bisnis makanan ringan adalah kreatif dan inovatif. Ada banyak hal yang mempengaruhi kesuksesan seorang pemula dalam bisnis makanan ringan, diantaranya:

a) Makanan Ringan Mempunyai Kualitas Bagus
Kualitas Makanan ringan yang akan dijual harus bagus, baik dari segi bahan yang digunakan, segi pengolahan maupun segi pengemasan. Bahan yang digunakan haruslah bahan yang higienis dan tidak mengandung zat yang berbahaya. Cara pengolahannya harus sesuai aturan, misalnya goreng lah camilan dengan minyak yang berkualitas dan diganti secara berkala. Kemudian kemasan makanan ringan yang sudah digoreng menggunakan kemasan yang baik dan menarik.

b) Harus Penuh Inovasi Baik Dalam Produk Maupun Cara Pemasarannya
Pemenang bisnis makanan ringan merupakan pengusaha yang selalu berinovasi tinggi untuk menciptakan makanan ringan yang berbeda, sehingga produk tersebut lebih mudah dicari dan dibedakan oleh konsumen. Jadi tidak masalah produk yang dijual sudah ada di pasaran, asalkan produk yang dijual tersebut berbeda secara inovasi dengan produk yang sudah beredar.

c) Ciptakan “Relationship” dengan pelanggan untuk menjaga loyalitas
Layani pelanggan dengan sangat baik dan bijaksana, tidak peduli Anda kenal atau tidak dengan pelanggan tersebut. Ciptakan kesan yang mendalam kepada pelanggan, dengan senyum dan sapa bukan hanya sekedar kata-kata, sehingga pelanggan dengan senang hati akan berkunjung kembali. Selain itu manfaatkan media sosial untuk membranding makanan ringan yang dijual untuk menciptakan hubungan yang dekat dengan pelanggan, sebab hal ini akan memberikan dampak positif, seperti iklan gratis dari mulut ke mulut pelanggan. Iklan dari mulut ke mulut terbukti sangat efektif untuk menjaring pelanggan lain serta meningkatkan penjualan.

d) Strategi Penjualan yang Cocok dengan Segmen Pasar yang Diincar
Strategi penjualan yang bagus akan mempengaruhi perkembangan usaha kedepannya, karena itu sebagai pemula bisnis makanan ringan, Anda harus bisa membangun strategi penjualan yang tepat serta mampu membaca pasar untuk meningkatkan penjualan. Seperti: memberi diskon, menambah bobot makanan, atau dengan membagikan sampel produk secara gratis kepada masyarakat di area yang menjadi pangsa pasar.

e) Visioner, Think Big, Think Positif
Selalu berfikir ke depan dan menyeluruh serta berpikiran positif harus ditanamkan dalam jiwa dan pikiran pebisnis. Dalam menjalankan bisnis dituntut untuk melayani pelanggan dengan sangat baik. Sehingga pikiran yang jernih akan membantu berfikir kedepan dengan tenang. Jauhkan pikiran sempit dan negatif karena apa yang dipikirkan dapat menjadi kenyataan, sehingga sangat penting untuk selalu berpikir secara positif.

Setelah Anda mengetahui kunci sukses berbisnis makanan ringan, kini saatnya Anda mencari ide usaha makanan ringan apa saja yang bisa Anda lakukan. Simak uraian lengkap berikut ini:

Contoh Ide Usaha Makanan Ringan Modal Kecil

Beraneka jenis makanan ringan, baik tradisional maupun modern banyak dijajakan setiap hari di pinggir jalan, taman, pasar, supermarket, restoran, dan tempat lainnya. Bisnis ini merupakan bisnis yang fleksibel secara modal, karena modal yang dibutuhkan sesuai jenis produk yang dijual. Anda ingin memulai usaha makanan, namun bingung mau usaha makanan ringan apa. Berikut ini 10 contoh ide usaha makanan ringan yang dapat dijalankan dengan modal kecil dan memiliki prospek yang bagus:

1. Usaha Kedai Kopi
Kopi merupakan minuman favorit sebagian besar masyarakat Indonesia, yang telah berkembang pesat, sehingga terdapat banyak jenis minuman kopi, misalnya saja kopi luwak yang terkenal enak dan memiliki cita rasa khas. Usaha ini membutuhkan modal yang kecil, tergantung besar kecilnya usaha, seperti: angkringan, warung kopi, atau café. Contoh untuk usaha angkringan, bisnis ini tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, namun memiliki prospek yang cukup bagus, sehingga tidak mengherankan kini banyak tumbuh angkringan baru.

2. Jualan Aneka Minuman Dingin
Minuman dingin merupakan jenis minuman yang banyak disukai orang, seperti ice cream, puding, es teh, es susu, dan masih banyak lagi. Usaha ini sangat cocok dilakukan pada siang hari, didaerah yang panas, baik di sekitar taman maupun sepanjang jalan. Konsumen minuman dingin membidik semua umur, mulai anak kecil hingga orang tua, baik laki-laki maupun perempuan, sehingga bisnis ini memiliki prospek yang sangat cerah.

3. Jualan Aneka Jus
Bisnis satu ini memang tidak harus memiliki keterampilan khusus. Membuat jus sangat mudah, bahkan untuk variasinya banyak terdapat di internet. Jika Anda tertarik untuk membuka usaha ini, waktu yang efektif untuk menjual jus adalah antara siang hingga sore hari, karena pada malam hari konsumen jus akan berkurang.

4. Jualan Bubur Kacang Hijau
Sebagian besar orang suka makan bubur kacang hijau, sehingga bubur kacang hijau merupakan bubur favorit. Selain kandungan gizi yang komplit dan tinggi, membuat bubur kacang hijau juga tidak sulit. Bubur kacang hijau dapat dijual di sekitar kampus, sekolah, pabrik, atau berjualan di pinggir jalan.

5. Usaha Roti Bakar
Saat ini sudah banyak orang yang menggeluti bisnis roti bakar. Modal bisnis makanan ringan ini sangatlah kecil, sedangkan lokasi untuk berjualan dapat di pinggir jalan, kedai, taman, dan tempat keramaian lain. Jenis usaha roti bakar ini ada banyak sekali, seperti: roti tawar yang di bakar, kemudian diolesi keju, dibakar lagi, dan terakhir ditumpuk menjadi 1, lalu diberi coklat di bagian tengah atau susu dan ceress, serta selai rasa lainnya sesuai dengan selera konsumen.

6. Jualan Aneka Pepes
Pepes merupakan makanan tradisional yang terbuat dari beraneka bahan, seperti ikan laut yang dibungkus dengan daun pisang, kemudian dipanggang atau dikukus. Saat ini pepes banyak dijual di restoran dan warung makan. Bagi Anda yang ingin mencoba bisnis ini, Anda dapat menjual pepes dengan kemasan yang menarik untuk menarik konsumen.

7. Tahu Kremes
Tahu kremes merupakan tahu yang di luarnya dilapisi tepung garing, tahu ini memiliki banyak sebutan, seperti: tahu kress, jeletot, goyang lidah, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tahu ini merupakan jenis makanan ringan yang banyak disukai, mulai anak-anak sampai dewasa, sehingga tahu merupakan salah satu bisnis yang memiliki prospek usaha yang sangat bagus.

8. Gorengan
Makanan ringan gorengan memang tidak ada matinya dan selalu diminati oleh semua orang. Adapun untuk jenis atau macam gorengan apa yang dijual, antara lain: tempe goreng, tahu, pisang goreng, resoles, cireng, pisang molen, dan masih banyak lagi contoh gorengan yang lain.

9. Singkong Keju
Jenis usaha ini mungkin masih jarang yang menjalankannya namun bukan berarti peminat makanan ringan ini sedikit. Pelanggan singkong keju ini lumayan banyak dan dapat dijadikan sebagai ladang bisnis, karena bahan yang simple dan proses membuat makanan ringan yang sederhana. Anda bisa membuat berbagai variasi rasa seperti, singkong keju pedas, singkong keju cokelat, ataupun singkong keju variasi Anda sendiri.

10. Aneka Keripik
Jenis bisnis yang satu ini cukup menjanjikan, melihat banyak sekali peminat makanan ringan keripik namun tidak banyak penyedia jenis makanan ini. Anda dapat menjual berbagai jenis kripik seperti : keripik kentang, keripik pisang aneka rasa, keripik singkong, dan sebagainya sesuai inovasi penjual.

11. Kerupuk Seblak
Makanan Ringan seblak terbuat dari kerupuk yang sudah direndam air kemudian diberi bumbu pedas. Lain halnya dengan kerupuk seblak ini. Rasanya tetap sama dengan pedas level tinggi hanya saja ini tidak direndam air melainkan langsung digoreng bersama dengan bumbu halus hingga mereka.

Peluang bisnis cemilan kerupuk seblak ini sama bagusnya dengan seblak pada umumnya karena orang Indonesia memang pencinta pedas. Jadi tak ada salahnya jika Anda membuka binsis kerupuk seblak ini. Camilan pedas ini pun bisa Anda jual dengan harga 2000an biasanya dengan menggunakan plastik perempatan. Jika Anda ingin berinovasi bisa makanan ringan kerupuk seblak divariasikan dengan rasa lain seperti keju, barbeque, balado dan manis. Asal Anda pintar dalam menggorengnya jangan sampai gosong karena akan terasa pahit.

12. Basreng
Bakso goreng atau lebih dikenal basreng merupakan salah satu camilan yang terbuat dari bakso yang digoreng. Namun jangan salah, camilan yang satu ini tak perlu ribet mengkonsumsinya. Karena tak perlu menggunakan kuah dan sambal. Camilan ini memang dimakan dengan kondisi kering dan sudah tercampur dengan bumbu pedas.

Camilan yang satu ini biasa ditemui di warung makanan serba 2000. Tentunya ukurannya disesuaikan dengan harganya dengan plastik perempatan. Cara membuat basreng sebenarnya tak sulit hanya bakso daging ikang yang diiris tipis, ditambahkan dengan bumbu-bumbu dari campuran gula, bawang putih dan minyak goreng.

Setelah basreng jadi tentunya untuk menambah kelezatan ditambahkan bumbu lagi. Biasanya basreng rasanya sangat pedas seperti seblak namun jika Anda ingin berinovasi bisa dengan menggunakan bumbu bubuk lainnya seperti keju, barbeque, balado dan manis.

13. Keripik Singkong
Keripik singkong bisa dibilang camilan yang melegenda di tanah air. Hingga ada lagunya juga. Meski melegenda makanan ini tetap merakyat hingga sekarang, Makanya pas jika masuk ke dalam peluang usaha makanan ringan serba 2000.

Biasanya keripik singkong dijual dengan rasa asin saja. Namun jika Anda ingin berkreasi Anda bisa membuat keripik singkong pedas dengan sambal balado, keripik singkong keju, keripik singkong coklat dan lain-lain.

14. Kuaci
Makanan ringan Kuaci tenar di era 90an ini ternyata masih ada di zaman sekarang meski langka ditemui. Camilan yang berasal dari biji bunga matahari ini ternyata banyak yang mencari karena selain enak juga bergizi. Camilan yang biasa dimakan di kala santai ini memang cocok jika dijual karena peminatnya masih tinggi.

Camilan ini juga terbukti baik bagi kesehatan itulah sebabnya tak sedikit yang mencari camilan yang mulai langka ini. Biji bunga matahari ini selain bisa mencegah kolesterol juga bisa menyerap lemak sehingga bagus dikonsumsi dikala Anda sedang diet

15. Macaroni

Salah satu pasta yang berasal dari Italia ini ternyata cukup populer di Indonesia. Salah satunya menjadi camilan yang dikombinasikan dengan bumbu khas Indonesia. Makanan yang terbuat dari gandum durum dengan kadar protein rendah tersebut ternyata bisa diolah menjadi makanan ringan murah seharga dua ribu rupiah. Biasanya makaroni dijual dalam bungkus plastik perempatan. Rasanya beragam mulai dari pedas, original atau asin, pedas manis hingga keju dan susu.

16. Mi Lidi
Bagi yang kelahiran tahun 1990an pasti tahu mi lidi atau lidi-lidian. Camilan legendaris ini cocok untuk dimasukkan ke dalam usaha makanan ringan serba 2000. Jika Anda menjual pasti banyak yang akan mencarinya. Karena memang jarang ditemukan. Anda bisa menjualnya dengan rasa pedas, pedas manis atau original.

17. Siomai Kering
Ternyata bukan hanya seblak dan bakso saja yang bisa menjadi makanan ringan. Siomai pun bisa dikeringkan dan dijadikan sebagai camilan. Anda bisa menjualnya ke dalam makanan ringan serba 2000an. Sepertinya murah meriah dan enak.

18. Gurilem
Seperti snack pada umumnya gurilem berasa pedas. Hanya saja kerupuk yang satu ini berbentuk batang dan berwarna lebih putih dibandingkan dengan cemilan lain. Cara membuatnya dengan mencampurkan tepung tapioka dengan garam dengan perbandingan 2,5 berbanding 1. Garam yang digunakan bukanlah garam halus melainkan garam kristal sehingga rasa gurihnya lebih meresap.

Setelah adonan tercampur maka dimasukkan air sedikit demi sedikit dan dicetak dengan alat (press). Ketika dicetak maka akan keluar dengan bentuk memanjang seperti mie kemudian dipotong kecil-kecil menyerupai batang. Kemudian gurilem dijemur hingga kering dan digoreng dengan menggunakan pasir. Setelah matang baru diberi bumbu.

19. Kembang Goyang
Kue tradisional satu ini pasti banyak yang mengetahuinya. Karena kue satu ini salah satu kue khas lebaran. Namun bukan berarti kembang goyang tak diminati di luar lebaran. Karena kembang goyang menjadi salah kue yang dijadikan sebagai penyambut tamu oleh beberapa daerah tertentu misalnya Betawi.

Hanya saja kembang goyang sekarang sulit ditemukan. Namun bukan berarti tak berpeluang untuk dibisniskan pada usaha makanan ringan. Justru dengan sedikit kompetisi Anda bisa untung besar. Cara membuatnya juga terbilang mudah dengan mencampurkan secara merata adonan seperti tepung beras, gula pasir halus, garam. Telur ayam, santan, minyak goreng dan wijen. Setelah itu dicetak dan digoreng dalam minyak panas.

20. Kacang polong
Kacang berwarna hijau satu ini memang paling enak disantap sebagai camilan. Tak salah jika ini dijadikan sebagai salah satu peluang usaha makanan ringan serba 2000. Biasanya kacang polong ini hanya polos dikasih bumbu atau dibaluri tepung.

21. Stick keju
Stick keju ini bukan sekedar camilan namun juga tergolong makanan ringan yang menyehatkan. Karena mengandung vitamin A, B1,B6, B12, C, D, E, K, zat besi, kalium, natrium, seng dan kalsium. Cara membuatnya pun cukup mudah dengan cara mencampurkan secara merata adonan yang terdiri dari keju parut, garam, sagu, mentega dan telur yang kemudian dibentuk menjadi stik dan digoreng dalam minyak panas. Meski bahan-bahannya mahal bukan berarti Anda tak bisa menjualnya dengan harga 2000an. Anda masih bisa menjualnya dengan porsi yang lebih sedikit dibandingkan dengan snack-snack lainnya.

22. Stick talas
Talas yang rasanya hambar ternyata sangat enak jika diolah menjadi stick talas. Cara mudah dengan memotong-memotong talas hingga berbentuk korek api. Kemudian talas direndam dengan garam kemudian digoreng. Meski terlihat mudah namun membersihkan talas harus bersih total karena jika maka talas akan gatal di tenggorokan.

23. Permen Coklat Chacha
Makanan yang satu ini populer di semua kalangan baik anak-anak maupun dewasa. Rasanya yang manis dan berwarna menarik membuat coklat yang satu ini menjadi camilan favorit. Namun sayangnya untuk membuat ini harus menggunakan mesin khusus sehingga ukuran beragam. Sehingga jika Anda ingin menjualnya ke dalam usaha makanan ringan serba 2000 Anda harus membelinya dulu di tempat produksi atau distributornya.

24. Pisang Sale
Rimpi atau pisang sale memang sangat tenar untuk buah tangan. Namun siapa sangka oleh-oleh ini pun bisa dijadikan sebagai peluang usaha makanan ringan dengan harga 2000an. Makanan yang terbuat dari irisan tipis pisang matang yang dikeringkan kemudian dilumuri dengan margarin, terigu dan gula ini memang enak disajikan dijadikan camilan ringan.

Itu dia Bisnis Cemilan Yang Sangat Menguntungkan