-->

Monday, December 25, 2017

Profil dan Sejarah Singkat Superman Is Dead


Superman Is Dead atau biasa disingkat "SID" adalah sebuah grup musik asal Bali yang bermarkas di Poppies Lane II - Kuta. Grup musik yang dikenal juga dengan naman Superman Is Silver Gun ini beranggotakan tiga pemuda asal Bali, yaitu: Bobby Kool sebagai gitaris merangkap vokalis, Eka Rock sebagai bassis, dan Jerinx sebagai drummer.

Didirikan pada tahun 1995, band SID berada dibawah naungan label Sony Music Entertainment Indonesia. Karir band ini berawal dari anggota band heavy metal Thunder bernama I Made Ari Astina sering dipanggil Jerinx yang ingin membentuk band baru. Dan drummer band new wave punk Diamond Clash bernama I Made Budi Sartika yang biasa dipanggil Bobby Kool ingin menjadi gitaris dan vokalis.

SID personil
Foto personil Superman Is Dead

Keduanya sepakat untuk membentuk sebuah band dengan tambahan personil I Made Bawa yang lebih dikenal dengan nama lain Lolot untuk mengisi posisi bass. Band mereka pada awalnya diberi nama Superman Is Silver Gun yang sering membawakan lagu-lagu dari Green Day, NOFX. Hingga di kemudian hari, inspirasi musikal SID bergeser ke genre Punk 'n Roll ala grup musik Supersuckers, Living End dan Social Distortion. Tidak lama setelah band terbentuk Lolot keluar dari band dan memutuskan untuk berkonsentrasi pada proyek band yang lain. kelak Lolot akan lebih dikenal sebagai musisi lagu-lagu berbahasa Bali. Kekosongan sesi bass akhirnya diisi oleh personel baru yang bernama Eka Arsana panggilannya Eka Rock.

Baca Juga : Baim Luncurkan Album Terbaru Dengan Bahasa Aneh

Pada perkembangannya nama Superman Is Silver Gun dirasa kurang cocok, selain merupakan comotan judul sebuah lagu dari kelompok musik Stone Temple Pilots juga kurang memiliki makna. Bergantilah nama band mereka menjadi Superman Is Dead atau disingkat SID. Superman Is Dead mempunyai arti bahwa manusia yang sempurna hanyalah illusi belaka dan imajinasi manusia yang tidak akan pernah ada. Penggemar Superman Is Dead laki-laki disebut Outsiders, dan Lady Rose bagi perempuan.

Album Superman Is Dead

Album pertama mereka berjudul Kuta Rock City yang dirilis bulan Maret tahun 2003, kemudian dilanjutkan dengan album keduanya The Hangover Decade yang dirilis tahun 2005. Konsistensi band ini tidak diragukan lagi setelah merilis album ketiga yang berjudul Black Market Love yang dirilis setahun kemudian dan dilanjutkan lagi dengan album Angels and the Outsiders sebagai album ke-4 Superman Is Dead yang dirilis tahun 2009. Tidak berhenti disitu SID merilis album khusus bertajuk The Early Years, Blood, Sweat and Tears, hingga kini belum ada lagi Album terbaru Superman Is Dead setelah terakhir mereka merilis album Sunset Di tanah Anarki di tahun 2013. Berikut daftar lengkap Album Superman Is Dead selama berkarid di belantika musik Indonesia.

1. Kuta Rock City

Kuta Rock City dirilis secara resmi pada Maret 2003 di bawah label Sony Music Indonesia. Dengan single-single andalannya yaitu Punk Hari Ini dan Kuta Rock City yang kental dengan pengaruh "Green Day" dan NOFX langsung membuat nama SID disejajarkan dengan band-band rock.Selain beberapa lagu baru, SID juga menambahkan beberapa lagu lama dari album indie mereka tetapi dengan aransemen yang lebih baik dan baru. Album perdana SID ini langsung melambungkan nama SID sebagai band pendatang baru terbaik. Selain itu pula, ini merupakan langkah pertama SID di mayor label yang menimbulkan beberapa kontroversi di kalangan punk.

2. The Hangover Decade

Album yang dirilis tahun 2005 ini merupakan penanda 10 tahun SID berdiri. Di album keduanya SID masih mengambil jalur Punk seperti pada album Kuta Rock City, Di Album ini SID kembali memasukkan beberapa lagu lamanya seperti Long Way to The Bar, TV Brain, Bad bad bad, dan Beyond This Honesty.

3. Black Market Love

Album ketiga ini terkesan lebih dewasa, dengan lirik yang bercerita tentang kemarahan alam, keserakahan manusia, keadaan sosial dan politik. Dengan memasukkan unsur-unsur alat musik seperti akordion, trompet dan keyboards, seperti pada lagu Bukan Pahlawan dan Menginjak Neraka. Album ini dirilis tahun 2006.

4. Angels and the Outsiders

Album keempat yang dirilis tahun 2009 pada mayor label ini mengesankan bahwa semakin dewasanya SID. Masih seperti album sebelumnya, SID tetap mengandalkan lirik sosial dan perlawanan terhadap penindasaan. Album kali ini SID masih memainkan musik punkrock dengan sentuhan rock n' roll. Album SID ini menuai keberhasilan. Salah satunya adalah SID berhasil diundang ke Warped Tour Festival di Amerika Serikat dan melaksanakan tour di beberapa kota di USA. Ini merupakan keberhasilan SID karena merupakan satu-satunya band Indonesia dan band kedua di Asia yang dipanggil ke Warped Tour walaupun album mereka tidak dirilis di USA.

5. The Early Years, Blood, Sweat and Tears

Album khusus yang dirilis terbatas dalam bentuk bentuk vinyl atau piringan hitam versi long play atau LP tahun 2012. Mereka memasukkan karya terbaik mereka dari tahun 1997 hingga tahun 2009[1]. Sampul album The Early Years, Blood, Sweat and Tears menggambarkan suasana Poppies Lane II - Kuta pada era 80an ketika wilayah tersebut belum ada bangunan dan hanya ditumbuhi pohon kelapa dan rumput.

6. Sunset Di tanah Anarki

Album ini adalah album kelima dari Superman Is Dead yang dirilis pada tanggal 1 Oktober 2013 dengan genre punk rock-nya ditambah konsep rock alternatif Superman Is Dead mengedepankan lagu Jadilah Legenda. Di album ini terdapat 17 lagu, masih seperti album-album sebelumnya Superman Is Dead masih membahas tentang perlawanan terhadap penindasan, ketidakadilan dan tirani di negeri ini sebagai ciri khas dari Superman Is Dead.

Lagu hits Superman Is Dead di album terakhirnya berjudul sama dengan judul albumnya yaitu Sunset Di Tanah Anarki lagu yang mereka nyanyikan bersama Brianna Simorangkir. Lagu tersebut diciptakan oleh Bobby Kool dan Jerinx. Berikut lirik lagu lengkap Sunset Di Tanah Anarki dari Superman is Dead.

Lirik Lagu Sunset Di Tanah Anarki - Superman is Dead

[Brianna Simorangkir]
Andaiku malaikat
Kupotong sayapku dan rasakan perih
Di dunia bersamamu
Perang 'kan berakhir
Cinta 'kan abadi
Di tanah anarki romansa terjadi

[Bobby Kool]
Desing peluru tak bertuan
Hari-hari yang tak benderang
Setiap detik nyawa ini
Kupertahankan untukmu

Alasanku ada di sini
Dan parasmu yang kurindukan
Di neraka kan kumenangkan
Hariku bersamamu

Andaiku malaikat
Kupotong sayapku dan rasakan perih
Di dunia bersamamu
Perang 'kan berakhir
Cinta 'kan abadi
Di tanah anarki romansa terjadi

[Brianna Simorangkir]
Dalam gelisahku menunggu
Berita tentang gerilyamu
Semerbak rindu kuasai
Udara panas ini
Sepucuk surat telah tiba
Dan senja pun ikut berdebar
Kalimat indah dan kisahmu
Tentang perang dan cinta

Andaiku malaikat
Kupotong sayapku dan rasakan perih
Di dunia bersamamu
Perang 'kan berakhir
Cinta 'kan abadi
Di tanah anarki romansa terjadi

Kubasuh luka dengan air mata

Oh hatimu beku
Serta jiwamu yang lelah
Tak henti lawan dunia
Dengan mimpi besar untuk cinta
Dan jalanmu tuk pulang
Di ujung waktu kan ada cahaya

Itulah aku
Raihlah mimpimu

[Brianna and Bobby]
Andaiku malaikat
Kupotong sayapku dan rasakan perih
Di dunia bersamamu
Perang 'kan berakhir
Cinta 'kan abadi
Di tanah anarki romansa terjadi