-->

Thursday, August 3, 2017

Dikira Tiang Bengkok Ternyata Gading Mammoth

Pernah kalian ikut kerja bakti? misalnya menggali tanah untuk saluran air, atau membuat fondasi rumah tetangga mungkin? Pernah terbayang tidak oleh kalian bagaimana jadinya ketika kita sedang menggali tanah untuk membuat saluran air, lalu menemukan benda aneh yang membuat penasaran?

Bahkan ketika diangkat benda tersebut mampu membuat satu kampung atau mungkin satu kota menjadi heboh karena dinilai sangat bersejarah?

Pengalaman inilah yang dirasakan James Bristle dan tetangganya yang bernama Trent Satterhwaite. Mereka berhasil dikejutkan dengan sebuah temuan terbesar sepanjang hidup mereka.

Dilansir dari Unilad, kedua petani ini awalnya bekerja untuk membuat sebuah saluran air dari bagian lapangan. Namun secara tidak sengaja, cangkul mereka menghantam benda keras yang sayangnya tidak bisa mengidentifikasi benda apa itu. Merasa penasaran dengan benda keras tersebut, mereka mencoba untuk terus menggali.

Ketika galian sudah mencapai sedalam 8 kaki, muncullah benda aneh dengan struktur seperti kayu. Pada awalnya benda itu dikira tiang bengkok, ternyata mereka menemukan sebuah benda yang sangat menakjubkan, sebuah benda raksasa yang ternyata itu adalah sisa dari mamoth wol.


Dikira Tiang Bengkok Ternyata Gading Mammoth

Mamut adalah genus gajah purba yang telah punah. Ukuran tubuhnya lebih besar daripada gajah normal yang ada di dunia saat ini. Gadingnya melingkar membentuk kurva ke arah dalam dan, dalam spesies utara, dengan rambut panjang. Mereka hidup dalam masa Pleistosen sejak 1,6 juta tahun lalu sampai sekitar 10.000 tahun lalu. Kata mamut berasal dari bahasa Rusia (мамонт).

Ada kesalahpahaman bahwa mamut lebih besar dari gajah. Spesies terbesar mamut yang diketahui, Mammoth Sungai Songhua, memiliki tinggi sekurangnya 5 meter pada pundaknya. Mamut umumnya memiliki berat 6-8 ton, namun mamut jantan yang besar beratnya dapat mencapai 12 ton. Gading mamut sepanjang 3,3 meter ditemukan di utara Lincoln, Illinois tahun 2005. Sebagian besar spesies mamut memiliki ukuran sebesar Gajah Asia modern.
Baca juga berita menarik lainnya : Ngeri Lubang Raksasa Tiba-tiba Muncul di Tempat Ini
Setelah menggali lebih banyak, mereka menemukan 20 persen atau lebih yang mengejutkan dari kerangka raksasa mammoth misalnya kepala dan gading, beberapa tulang rusuk, satu set tulang belakang, dan lainnya.
Mammoth ini diperkirakan hidup lebih dari 10.000 tahun yang lalu.

Dikira Tiang Bengkok Ternyata Gading Mammoth
Dikira Tiang Bengkok Ternyata Gading Mammoth

Menurut Dan Fisher, seorang profesor di University of Michigan, hewan raksasa yang berusia 40-an atau 50-an saat meninggal bisa diburu dan bagian yang hilang mungkin dikonsumsi manusia. Dia juga menambahkan, ada sekitar 30 mammoth wol yang ditemukan di Michigan, namun hanya lima atau lebih sedikit yang ditemukan begitu luas.

Dikira Tiang Bengkok Ternyata Gading Mammoth
Dikira Tiang Bengkok Ternyata Gading Mammoth

Fisher mengatakan, mammoth yang ditemukan mungkin secara teknis tidak "berbulu." Sebaliknya, itu bisa menjadi "mammoth Jefferson" yang merupakan hibrida antara mammoth wol dan raksasa Kolumbia 

Bagaimana gaes, hebat bukan penemuan diatas. Kalau mau lebih jelas bisa melihat video detik-detik pengambilan gading mammoth raksasa di bawah ini :