-->

Tuesday, August 8, 2017

Dubai Airport Umumkan Keberangkatan Dengan Bahasa Jawa

Bahasa Jawa di Dubai Airport
Suasana di Dubai Airport

Sebagai warga Indonesia kita harus bangga bahwa bangsa ini memiliki keaneka ragaman suku adat istiadat, dan bahasa. Negara lain diluar sana mengakui dan menghargai keaneka ragaman yang ada di Indonesia. Salah satunya Bahasa Jawa. Bahasa Jawa merupakan bahasa dengan salah satu penutur terbanyak. Sekitar 98 juta orang atau 42% dari total populasi Indonesia merupakan penutur bahasa Jawa. Bahkan negeri Jiran seperti Malaysia pun juga menuturkan bahasa Jawa lho, terutama di daerah Selangor dan Johor.

Sebagai orang Jawa sekaligus bagian dari bangsa Indonesia, sudah menjadi kebanggaan dong bila bahasa ibu ini go international. Beberapa waktu lalu ada seorang pedagang di Korea Selatan yang fasih berbahasa Jawa. Bukan tidak mungkin nanti bahasa lainnya juga akan ikut go Internasional, seiring dengan diadakannya pertukaran pelajar setiap tahunnya oleh pemerintah.

Nah, baru-baru ini terdapat kejadian unik di Dubai Airport, dimana ketika saat itu pengumuman jadwal keberangkatan pesawat diumumkan menggunakan Bahasa Jawa yang sangat halus. Meskipun belum diketahui siapa yang mengumumkannya, apakah itu orang Indonesia atau bukan tetapi yang jelas penggunaan bahasa jawa di Dubai Airport patut kita apresiasi.

Berikut kalimat yang bahasa jawa yang terdengar di Dubai Airport :

"Nuwun sewu, Bapak-Bapak soho Ibu-Ibu, penerbangan Emirates EK tigo-gangsal-wolu dateng Jakarta sakmeniko bade..." begitulah bunyi pengumuman dalam bahasa Jawa yang jadi viral belakangan ini di sosial media. Tak tanggung-tanggung, bahasa yang digunakan merupakan Krama Inggil atau bahasa Jawa halus yang jarang dituturkan generasi muda saat ini.

Rupanya penggunaan bahasa Jawa ini bertujuan untuk membuat penumpang merasa nyaman. "(Bahasa Jawa) Ini untuk membuat penumpang di Bandara Dubai yang tidak bisa bahasa Arab atau Inggris merasa nyaman. Bersama pihak bandara, kami memasukkan 26 bahasa dalam sistem untuk dipakai di setiap pintu keberangkatan sehingga supervisor yang bertugas bisa memilih bahasa sesuai penumpang yang akan terbang," jelas Walter Riggans, Divisional Vice President Emirates dikutip dari berbagai sumber.

Baca juga berita menarik lainnya : Kelakuan Ruben Onsu dan Zaskia Gotix di India

Sementara seorang warga Bandung yang kebetulan mengunggah momen langka di bandara Internasional ini merasa terkejut. "Kaget benar, boarding announcement-nya pakai Bahasa Jawa. Saya ketawa bareng orang Indonesia lainnya," ujar seorang pria bernama Wahyu Pratomo.

Selain Bandara Internasional Dubai, bandara Adi Sucipto Yogykarta juga telah menggunakan bahasa Jawa alus sebagai boarding announcement sejak 17 Juli lalu. Alasannya untuk menghadirkan keramahan khas Yogyakarta dan mendukung pelestarian budaya lokal. Wah, patut diapresiasi ya? Bagi yang penasaran seperti apa bunyinya simak deh video di bawah ini.,


Artikel ini hanya sebuah informasi unik saja tanpa ada maksud membesar-besarkan atau membagus-baguskan salah satu bahasa salah satu suku yang ada di Indonesia. Bahasa pemersatu kita tetaplah Bahasa Indonesia.