-->

Saturday, September 16, 2017

Potret Buruk Pelayanan Kesehatan di Filipina

Potret Buruk Pelayanan Kesehatan
Potret Buruk Pelayanan Kesehatan

Potret buruknya pelayanan kesehatan tidak hanya terjadi di Indonesia. Setelah di Indonesia ramai-ramai membahas tentang pelayanan kesehatan Rumah Sakit Mitra Keluarga Kalideres yang mengakibatkan meninggalnya Bayi Debora, kali ini Potret pelayanan buruk kesehatan terjadi di Filipina. Hal itu terjadi pada seorang tenaga kerja luar negri yang bekerja di Filipina.

Kejadian itu terungkap setelah seorang pekerja Filipina asal luar negeri (OFW) memasang foto di Facebook dari seorang pekerja lain yang diduga meninggal karena dokter tersebut menolak memberikan obatnya, mengatakan bahwa dia hanya pura-pura sakit.

Bby'Ara Tzuyu Talib Solaiman II berbagi di foto Facebook Nenita P. Omro, OFW yang meninggal setelah ditolak oleh dokter.

Tenaga Kerja Asal Saudi Meninggal Di Filipina
Tenaga Kerja Asal Saudi Meninggal Di Filipina

Menurut Solaiman, Omro berasal dari Davao City. Dia baru saja tiba di Arab Saudi tapi jatuh sakit. Prihatin dengan kesejahteraannya, majikan membawanya ke dokter namun diberi tahu bahwa OFW baik-baik saja dan 'pura-pura' sakit, diduga sehingga dia bisa beristirahat daripada bekerja.

Tentu saja, majikan tersebut mempercayai dokter tersebut dan membuat pekerjaan OFW. Sayangnya, Omro meninggal malam itu. Temannya menemukan bahwa dia tidak lagi bernafas sekitar jam 2 pagi.

Majikan segera meminta bantuan tapi si penyelamat tidak dapat menghidupkan kembali Omro.

Baca juga berita menarik lainnya : Kasus Bayi Debora, Contoh Buruk Pelayanan Kesehatan

Rupanya, banyak orang tidak mempercayai cerita Solaiman - dan kami tidak bisa menyalahkan mereka karena ini terlalu tidak masuk akal tapi kemudian dia akan memotret lebih banyak foto di media sosial, dengan mengatakan bahwa dia merasa sulit untuk memposting gambarnya karena Omro sudah meninggal tapi dia juga ingin memberikan bukti bahwa temannya memang meninggal karena kelalaian dokter.

Pada saat pers, tidak diketahui mengapa Omro meninggal, terutama mengingat bahwa dia baru saja tiba dari Filipina. OFW diwajibkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum disetujui untuk pekerjaan di negara lain; Dengan demikian, ini adalah misteri mengapa Omro sangat sakit saat tiba di Saudi.

Beberapa orang membungkam Solaiman karena tidak membantu Omro pergi ke rumah sakit tapi kemudian dia memasang di Facebook, mengatakan bahwa majikan OFW bahkan marah kepada mereka karena telah membeli makanannya; Dengan demikian, dia seharusnya tidak dihalau karena tidak bisa langsung memberi tahu keluarga wanita tersebut sebelum dia meninggal.

Apa Persyaratan Medis untuk OFWs?

Tes medis bervariasi, tergantung pada sifat kerja OFW, negara tempat dia bekerja, dan faktor lainnya. Kandidat dengan penyakit serius seperti kanker, gagal jantung kongestif, gagal ginjal kronis, gangguan neurologis, penyakit kejiwaan, diabetes, dan hipertensi dianggap tidak layak untuk bekerja di luar negeri.