-->

Thursday, September 7, 2017

Cara Sukses Wawancara Pekerjaan

Wawancara adalah proses menakutkan ketika melamar pekerjaan dan itu bisa terjadi pada semua orang, tidak terkecuali terhadap orang-orang yang pintar dan memiliki banyak kemampuan sekalipun. Hal itu bisa saja menghancurkan harga diri Anda dan menciptakan keraguan terhadap nilai akademik yang sebelumnya Anda peroleh. Sudah sering kita menemukan seorang sarjana hanya bekerja serabutan bahkan hanya menjadi seorang pengangguran, sebaliknya ada yang justru lulusan sekolah dasar namun mampu membangun sebuah perusahaan dan menjadi seorang bos.

Untuk itu supaya tidak banyak lagi orang yang sudah capek-capek mengenyam pendidikan dari tingkat sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas dan kejuruan hingga ke bangku kuliah hanya untuk menjadi seorang pengangguran, Elvira Zone kali ini akan memberikan tips tentang cara sukses wawancara agar mendapatkan pekerjaan idaman. Sebelum memulai pada pekerjaan idaman, Elvira mau tanya Apa Pekerjaan Idaman Kalian?

Sebelum kita benar-benar bekerja pada sebuah perusahaan, kita akan dihadapkan dengan beberapa rangkaian yang harus dilewati sebelum mendapatkan pekerjaan dan yang paling menentukan adalah ketika proses wawancara. Tidak sedikit orang yang gagal bekerja hanya karena salah dalam menjawab pertanyaan ketika sedang wawancara. Kamu tentu tidak ingin bukan menjadi salah satu yang gagal karena wawancara?

Berikut tips Sukses Wawancara Untuk Mendapatkan Pekerjaan Idaman :

# Penelitian Perusahaan

Mengenal Perusahaan Impian
Mengenal Perusahaan Impian

Sebelum melamar pekerjaan, hal pertama yang harus kamu ketahui adalah detail perusahaan yang akan kamu lamar tersebut, jangan sampai kamu sudah capek-capek melamar kerja pas udah diterima malah resign dengan alasan tidak cocok dengan pekerjaan. Ketika proses wawancara, mengetahui profil perusahaan yang kamu lamar bisa menjadi nilai plus tersendiri. Ada sebuah peribahasa yang mengatakan Tak Kenal Maka Tak Sayang, rupanya ungkapan itu benar sekali ketika mengikuti proses wawancara kerja. Perlu kalian ketahui dengan kita mengenal perusahaan yang akan kamu masuki katanya sih bisa menghilangkan kegugupan ketika proses wawancara.

# Buat Daftar Riwayat Hidup Lengkap

Daftar Riwayat Hidup Yang Benar
Daftar Riwayat Hidup Yang Benar

Ini penting sekali, jangan sampai konyol melamar pekerjaan tapi daftar riwayat hidup tidak kamu lampirkan, kenapa Elvira bilang penting? Daftar riwayat hidup itu merupakan gambaran awal kamu terhadap perusahaan, melalui daftar riwayat hidup perusahaan bisa mengenal kamu. Untuk itu keitka kamu membuat daftar riwayat hidup, buatlah hal-hal pokok yang memang menggambarkan diri kamu, jangan pernah mencoba untuk membesar-besarkan karena suatu saat kamu akan kena batunya, buatlah sejujur mungkin.

# Siapkan Pertanyaan Cerdas

Pertanyaan Cerdas
Pertanyaan Cerdas

Dalam setiap wawancara Anda akan ditanya apakah Anda memiliki pertanyaan. Jika Anda tidak siap, Anda akan akhirnya menanyakan pertanyaan pabrik yang sama yang telah diminta kandidat lain. Namun, jika Anda meluangkan waktu untuk menyiapkan beberapa pertanyaan cerdas yang spesifik untuk perusahaan dan pekerjaan, itu akan membuat Anda memperhatikannya. Jauhi pertanyaan umum, tapi tapak hati-hati saat menanyakan secara spesifik tentang gaji dan jam kerja. Membuat garis besar akan membantu Anda mengatur pikiran Anda, dan juga urutan pertanyaan yang harus diajukan.

Baca juga berita menarik lainnya : Jadi ini Alasan Wajib Bertahan Meski Gaji Kecil

Jangan Lupa Untuk Mencatat

Mencatat Kegiatan Wawancara
Mencatat Kegiatan Wawancara

Sangat penting bahwa Anda mencatat selama wawancara. Tidak hanya untuk diri Anda sendiri untuk ditinjau nanti, namun juga pewawancara dapat melihat bahwa Anda serius dengan posisi tersebut dan bukan hanya wawancara lain untuk Anda. Alat ini tidak hanya mencatat tapi juga mencatat dengan item yang benar. Memiliki buku catatan dan pena mungkin sekolah tua, akan lebih banyak profesi daripada mencatat di tablet, komputer atau telepon.

# Datang Tepat Waktu

Datang Tepat Waktu
Datang Tepat Waktu

Ini adalah dua bagian alat tapi ia pergi bersama-sama. Anda harus berusaha untuk datang lebih awal pada saat wawancara, namun rencana terbaik pun bisa rusak. Oleh karena itu, sangat penting bahwa Anda memiliki informasi kontak yang benar untuk pewawancara. Jika kebetulan Anda berada dalam situasi di mana Anda tidak akan melakukan wawancara tepat waktu, Anda harus bisa menghubungi orang itu. Ingat, waktu mereka sama berharganya dengan milikmu, jadi perhatikanlah. Tidak menelepon atau mengirim email bahwa Anda akan terlambat, sangat tidak pengertian. Ini akan memberi orang tersebut mewawancarai Anda kesan yang sangat buruk - jangan biarkan hal itu terjadi pada Anda. Periksa dua kali sebelum Anda tinggalkan bahwa Anda memiliki informasi kontak yang benar.

Nah itu dia Tips Sukses Wawancara Untuk Mendapatkan Pekerjaan, jangan lupa juga untuk berdoa sebelum dan sesudah berdo'a supaya hati kamu makin tenang.Terima Kasih anda baru saja membca artikel yang berjudul Tips Sukses Wawancara Untuk Mendapatkan Pekerjaan Idaman.