-->

Saturday, September 2, 2017

Video Nyata Kepanikan Seekor Anjing Melihat Majikannya Tenggelam

Anjing Menyelamatkan Majikan
Anjing Menyelamatkan Majikan

Anjing adalah salah satu hewan peliharaan yang terkenal dengan kesetiaannya, biasanya anjing lebih cerdas daripada kebanyakan binatang lainnya. Mereka mudah dilatih. Anjing yang terlatih dengan baik biasa dipakai sebagai anjing penjaga. Anjing penjaga dapat mengalahkan makhluk lain yang 5 sampai 6 kali lebih besar darinya dan biasanya anjing-anjing ini, akan menjadi sangat liar ketika berada dalam bahaya, tetapi sama sekali tidak membahayakan pemiliknya. Saat menghadapai ancaman, mereka mempertaruhkan nyawa demi keselamatan pemiliknya dan dalam keadaan bagaimanapun mereka tak akan menelantarkan pemiliknya.

Sudah ribuan tahun anjing setia menjadi sahabat manusia. Sudah banyak kisah tentang kesetiaan anjing terhadap manusia, bahkan hingga sang majikan meninggal dunia. Melihat kesetiaan dari anjing, tampaknya harus kita akui bahwa ada benarnya juga ketika ada orang yang berkata "kami lebih percaya pada anjing dibandingkan percaya kepada manusia" Seperti yang terlihat dalam video yang di unggah di situs media sosial facebook oleh @uniland ini


Video Anjing Menyelamatkan Majikan

Dua ekor anjing terlihat panik ketika majikannya tercebur kedalam sebuah kolam. Dua ekor anjing itu dengan sigap mereka mencoba menyelamatkan majikannya itu. Meskipun sebenarnya majikannya itu hanya bercanda dan tidak akan benar-benar tenggelam karena dia bisa berenang, tetapi hal itu sudah cukup membuktikan bahwa anjing itu memang setia kepada majikannya.

Tuhan memang memberikan keistimewaan kepada semua makhluk ciptaannya, termasuk dengan memberi anjing ciri fisik yang berbeda dari makhluk hidup lainnya. Misalnya, anjing memiliki 42 gigi, 10 buah lebih banyak dari yang dimiliki manusia. Dengan demikian, ia dapat mengerat dan memecahkan makanannya, khususnya tulang, menjadi serpihan-serpihan tanpa kesulitan. Lebih dari itu, karena matanya diciptakan secara khusus, dalam kegelapan anjing memiliki penglihatan yang lebih tajam daripada manusia. Mereka dapat merasakan gerakan suatu benda dari jarak jauh. Selanjutnya, karena anjing dapat mendengar suara pada frekuensi di luar batas pendengaran kita, mereka mendengar suara dari jarak empat kali jauhnya dari yang kita mampu.

Baca juga : Perjuangan Seekor Majikan Demi Menghadiri Pernikahan Tuannya

Misalnya, seseorang tidak dapat mendengar suara bernada sangat tinggi dari peluit yang digunakan untuk memberi perintah kepada anjing, sementara anjing dapat mendengarnya. Penciuman anjing juga sangat tajam. Pusat olfactory, yaitu pusat “penciuman” dalam otaknya berkembang 40 kali lebih baik daripada pada manusia. Dengan demikian, kepekaan penciuman anjing jauh di atas manusia.

Hasil Penelitian di National Autonomous University of Mexico di Queretaro, yang menggunakan metode dengan melatih 7 anjing lokal untuk tetap terjaga, diam dan terkendali, agar para peneliti lebih mudah untuk memindai otak mereka menggunakan alat yang dinamakan functional Magnetic Resonance Imaging atau fMRI. Jenis anjing yang dipindai otaknya adalah 5 ekor anjing Border Collie, satu ekor Labrador Retreiver dan satu ekor Golden Retreiver.

Ketika berbaring untuk dipindai, anjing diperlihatkan foto dari 50 wajah orang yang tidak familiar dengan mereka, dengan ekspresi yang natural. Gambar ini akan muncul di monitor yang berada di depan anjing secara cepat, di jarak yang nyaman bagi anjing. Setiap gambar terdiri dari 4 gambar wajah manusia dan diperlihatkan selama 7 detik. Ada 10 gambar yang diperlihatkan selama 190 detik.

Dari penelitian ini, ditemukan bahwa persepsi yang dimunculkan anjing ketika melihat wajah manusia, berubah seketika di beberapa bagian otak anjing, terutama di bilateral temporal cortex. Bagian ini memproses sensor input untuk membentuk memori, dan juga emosi. Dari hasil pindai pun memperlihatkan bahwa Perubahannya menuju ke arah yang positif, di mana akan tercermin perilaku ceria dari si anjing.

Sebaliknya, jika anjing ditunjukkan gambar lain, seperti benda sehari-hari, aktivitas otaknya tidak berubah secara signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat evolusi dalam pengenalan wajah dalam dunia mamalia. Penelitian ini membuktikan bahwa anjing memang telah berevolusi untuk menjadi peliharaan manusia. Dengan berbagai memori baik yang telah tergambar oleh otak anjing sejak zaman dulu, membuat otak anjing secara otomatis akan lebih 'ceria' jika melihat manusia. Hal ini pun bersifat genetik yang membuat anjing akan selalu setia jika jadi peliharaan manusia.

Dengan segala kemampuannya ini, anjing dapat mencium mangsa, mengikuti jejaknya, dan menjemput tangkapan pemburu meskipun berada berkilo-kilo meter jauhnya. Satu endusan terhadap barang milik seseorang telah cukup bagi anjing pelacak untuk menemukan pemiliknya. Anjing besar dengan pipi bergelambir, Saint Bernards, misalnya, dapat dengan mudah menemukan seseorang yang terluka di bawah salju dengan hidungnya yang peka dan menolongnya. Daya penciuman luar biasa yang dimiliki oleh anjing tersebut merupakan keajaiban tersendiri. Anjing juga menggunakan hidungnya untuk bernafas. Memasuki hidungnya, udara disaring, dihangatkan dan dilembabkan dan setelahnya menuju ke paru-paru.

Baca juga berita menarik lainnya : 3 Alasan Kita Harus Mengelus Kucing dan Anjing

Tidak seperti manusia, makhluk ini tidak berkeringat untuk mengatur suhu tubuhnya karena tidak ada kelenjar keringat dalam tubuhnya. Pengaturan suhu tubuh dipegang oleh sistem pernafasan. Bulu-bulu yang menutup tubuhnya menjaga kulit dari panas luar. Ketika suhu luar meningkat, suhu tubuh anjing juga meningkat; anjing yang suhu tubuhnya meningkat mengurangi kelebihan panas ini dengan menjulurkan lidahnya. Dengan demikian, meskipun bulu mereka tebal, mereka tidak berkeringat ketika hari panas. Allah telah memberi mereka sistem yang sempurna, sementara kita, manusia, segera berkeringat ketika berlari selama setengah jam saja, anjing tak pernak berkeringat meskipun berlari selama berjam-jam. Kini setelah kalian memahami hal ini, kalian tak harus khawatir bila melihat mereka dengan lidah terjulur pada hari yang panas.

Juga, jika kalian berpikir mengenai anjing, kalian akan ingat bahwa tubuh mereka sangat halus dan mengkilap. Hal ini disebabkan oleh adanya kelenjar minyak. Ada beberapa sistem dalam tubuh anjing. Karena sistem inilah, tapak kaki anjing tidak pernah terluka, tidak juga aus, dan kuku mereka tidak pernah terkena iritasi. Sebagaimana kalian lihat, Tuhan kita telah memberi jalan keluar bahkan bagi masalah yang kecil dari satu makhluk dengan memberi-Nya mekanisme perlindungan yang dirancang baginya. Tuhan kita menciptakan segala sesuatu dalam keselarasan. Sebagaimana diperlihatkan juga oleh contoh ini, Allah melengkapi semua makhluk-Nya dengan kemampuan yang mereka perlukan. Contoh-contoh ini menjadikan kita berpikir dan menyadari keindahan dalam ciptaan Tuhan.

Terima kasih anda baru saja membaca artikel yang berjudul Video Nyata Kepanikan Seekor Anjing Melihat Majikannya Tenggelam, bagikan kisah ini kepada saudara dan rekan-rekan kamu agar mereka tahu bahwa kesetiaan seekor anjing itu memang nyata dan tidak dapat diragukan lagi.