-->

Wednesday, May 2, 2018

Marhaban Ya Ramadhan kata-kata itulah yang sering diucapkan ketika menjelang Bulan Puasa, Bulan spesial bagi umat islam yang penuh hikmah, berkah dan pahala. Bahkan seiring berkembangnya teknologi komunikasi dan media sosial penggunaan kalimat itu pun seringkali terlihat, baik dalam bentuk tulisan maupun gambar-gambar yang unik.

Seluruh umat Islam tentu sangat menantikan Bulan Ramadhan karena berbagai macam keutamaan didalamnya seperti berlipatnya pahala dari setiap amalan yang kita perbuat kemudian diampuninya dosa-dosa yang telah kita lakukan dan yang paling utama adalah diturunkannya rahmat serta keberkahan dari Alloh SWT. Tak hanya itu saja, di Bulan Ramadhan terdapat satu malam yang jika mampu mendapatkannya maka kita akan memperoleh pahala seperti seribu bulan.

Menyambut Bulan Suci Ramadhan
Gambar Ucapan Selamat Datang Ramadhan Kekinian

Kebanyakan umat islam mengartikan kalimat Marhaban Ya Ramadhan itu adalah "Selamat Datang Bulan Ramadhan" dan jika ditelaah lebih dalam dengan menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti kata Marhaban disini mengandung makna yang sangat dalam jika diucapkan yaitu untuk menyambut atau menghormati tamu (selamat datang).

Akan tetapi menurut bahasa arab, Marhaban merupakan kata turunan dari awal kata "Rahb" yang artinya luas atau lapang, sehingga ucapan Marhaban Ya Ramadhan ini menunjukan sebuah kelapangan dada atas tamu yang datang. Sehingga jika direnungkan maknanya, maka ucapan Marhaban Ya Ramadhan memiliki selamat atas datangnya Bulan Ramadhan yang disertai dengan penerimaan penuh lapang dada dan kegembiraan.

Datangnya Bulan Ramadhan biasanya disertai dengan usaha musiman seperti usaha baju muslim, usaha makanan tajil bahkan hingga usaha parcel lebaran. Tak hanya dari kalangan pengusaha, orang dari kalangan menengah ke bawah sampai seorang artis sekalipun seolah mendapatkan berkah tersendiri di Bulan Ramadhan. Tak sedikit dari mereka yang banting setir dan beralih profesi menjadi pengusaha musiman selama Bulan Puasa.

Baca juga artikel menarik lainnya : kata-kata ucapan sahur unik

Meski begitu, dari segi ibadah hendaknya kita juga mengimbangi usaha kita dengan semakin rajinnya beribadah kebadah Alloh SWT. Selanjutnya kita bisa saling mengingatkan satu sama lain dengan rekan-rekan kerja, teman sekolah, kawan sepermainan dan juga saudara-saudara kita. Salah satu cara yang dapat kita gunakan yaitu dengan mengirimkan gambar gambar unik ucapan Marhaban Ya Ramadhan.

Gambar Ucapan Marhaban Ya Ramadhan ini bisa kita kirimkan melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan media sosial lainnya atau bisa juga dengan menggunakan gambar ini sebagai DP WA (Whatsapp), BBM, Line, Telegram dan aplikasi online chat lainnya.

Berikut Foto Ucapan Marhaban Ya Ramadhan Yang Sangat Unik :

Marhaban Ya Ramadhan

Marhaban Ya Ramadhan

Marhaban Ya Ramadhan

Ramadhan Penuh Pengampunan

Ramadhan adalah bulan yang penuh pengampunan Mulai dari amalan puasa. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu akan diampuni”. (HR. Bukhari No. 38 dan Muslim no. 760)

Dari Hudzaifah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

فِتْنَةُ الرَّجُلِ فِي أَهْلِهِ وَمَالِهِ وَوَلَدِهِ تُكَفِّرُهَا الصَّلَاةُ وَالصِّيَامُ وَالصَّدَقَةُ وَالْأَمْرُ بِالْمَعْرُوفِ وَالنَّهْيُ عَنْ الْمُنْكَرِ

Keluarga, harta, dan anak dapat menjerumuskan seseorang dalam maksiat (fitnah). Namun fitnah itu akan terhapus dengan shalat, shaum, shadaqah, amar ma’ruf (mengajak pada kebaikan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran)” (HR. Bukhari no. 3586 dan Muslim no. 144)
Marhaban Yaa Ramadhan