-->

Friday, March 22, 2019

Penggunaan Android semakin hari semakin merajalela, hal itu berbanding lurus dengan tuntutan kemajuan teknologi yang semakin berkembang didukung dengan terjangkaunya harga beli smartphone hingga di kalangan masyarakat bawah. Elvira-zone mencatat hingga artikel ini dipublikasikan, berbagai merk smartphone dengan spesifikasi yang mumpuni banyak yang bisa dibeli dengan harga yang sangat murah. Sebut saja Smartphone merk Xiaomi dan Asus dengan Ram 2 Gb bisa dibeli dengan harga 1jt-an pada kondisi baru dan dibawah 1jt untuk harga bekasnya.

Tersebarnya penggunaan android hingga ke kalangan masyarakat bawah tentu menjadi peluang bisnis baru baik bagi penyedia jasa internet maupun penyedia aplikasi android seperti halnya aplikasi game android. Tak sedikit pula yang membeli smartphone hanya untuk sekedar bermain game android saja, karena memang pada dasarnya sebuah game android bisa dijadikan sebagai penghilang stress atau penambah semangat dalam beraktivitas meski tak sedikit juga yang justru berdampak negatif karena keasyikan bermain game.

Di Tahun 2019 ini, elvira-zone mencatat ada beberapa game android yang banyak di unduh begitu populer di kalangan remaja terutama. Berikut Daftar Game Android Terbaik 2019 versi Elvira-Zone :


  • PUBG

Fatwa Haram PUBG
Rencana Kominfo Blokir PUBG Menyusul Kajian Fatwa Haram dari MUI

PlayerUnknown’s Battleground atau kita lebih familiar dikenal sebagai PUBG merupakan Game Battle Royale atau lebih jelasnya PUBG merupakan sebuah game online dimana kamu harus bertahan hidup bertempur melawan 100 pemain lain dan menjadi yang terakhir untuk hidup.

Ketika para pemain memulai gamenya, mereka akan terjun dari sebuah pesawat dan menggunakan parasut ke berbagai lokasi untuk mereka loot. Sebuah lingkaran putih yang menandakan zona bermain akan muncul dan para pemain harus mengikuti masuk ke dalam lingkaran zona bermain tersebut. Zona bermain PUBG itu akan diperbarui dan mengecil ketika waktu lingkaran mencapai 0 hal tersebut membuat beberapa area menjadi tidak aman. Pemain yang berada di luar lingkaran putih (zona bermain) akan kehabisan darah dan mati, lalu lingkaran putih tersebut akan mengecil secara terus - menerus dan membuat semua pemain yang tersisa pada lingkaran akhir untuk bertempur habis - habisan agar dapat menjadi pemain terakhir dan memenangkan chicken dinner.

Berawal dari game PC dengan jumlah pemain yang bermain secara bersamaan sebesar 1.3 Juta pemain hanya dalam kurun waktu sebulan setelah rilis early accessnya, PUBG mampu mengalahkan Dota 2 menjadi Raja baru di platform Steam. Lalu PUBG PC pada akhirnya masuk ke tahap rilis full pada desember 2017 dengan banyak fitur baru seperti vaulting, death cam, dan sebuah map baru yaitu gurun Miramar.

Sukses dengan melalui PC, PUBG pun muncul dalam versi mobile dan menariknya pada tahap beta saja game tersebut mampu mencapai 10 Juta download hanya dalam kurun waktu seminggu setelah masuk ke app store. Luar Biasa bukan?

Jika PUBG PC tak ada sistem rank berbeda dengan PUBG Mobile. Game tersebut mengikuti tren game mobile pada umumnya dengan mengimplementasikan sebuah sistem rank, yang dapat kamu naikkan ketika kamu bermain gamenya. Rank sistem ini mungkin bertujuan untuk menyesuaikan permainan kamu melawan pemain lain yang memiliki rank yang sama atau skill yang sama juga, agar permainan menjadi lebih adil dan pengalaman bermainmu menjadi lebih baik.

Namun sayang belakangan ini beredar kabar bahwa PUBG akan di blokir oleh Kominfo menyusul adanya kajian Fatwa Haram yang sedang dikaji oleh MUI. Hal itu sendiri krologisnya hampir sama dengan Aplikasi Telegram yang banyak disalahgunakan dimana para pengguna Game PUBG banyak yang sampai lupa waktu karena terlalu keasyikan bermain.

  • FREE FIRE

Game Android Free Fire
Karakter Game Android Free Fire

Free Fire adalah permainan survival shooter sama seperti PUBG hanya saja sedikit lebih ringan sehingga bisa dibilang game Free Fire atau biasa disebut FF itu sebagai game alternatif PUBG untuk kelas smartphone dengan spesifikasi low end. Permainan berdurasi 10 menit ini akan menempatkan kamu pada pulau terpencil dimana kamu bertarung melawan 49 pemain lainnya, dengan tujuan untuk bertahan hidup. Player bebas memilih posisi untuk memulai pemainan menggunakan parasut, dan bermaksud untuk bertahan dalam zona aman selama mungkin. Menyetir kendaraan untuk menjelajahi map yang besar, bersembunyi dalam parit, atau menjadi tidak terlihat dengan tiarap di bawah rumput. Menyerang, menembak, bertahan hidup, hanya satu tujuan: untuk bertahan hidup.

Meski kalah populer dengan PUBG, Free Fire tetap menjadi game alternatif para gamers terutama di kalangan remaja karena dengan spesifikasi smartphone android dengan RAM 2Gb juga game tersebut sudah cukup untuk dimainkan dengan lancar. Hingga artikel ini dipublikasikan game Free Fire sudah diunduh sebanyak 19,5 Jt kali.

  • MOBILE LEGENDS

Jess No Limit Mobile Legends
Tutorial Mobile Legends ala Jess No Limit

Mobile Legends: Bang Bang adalah sebuah permainan piranti bergerak berjenis MOBA yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Moonton. Game ini populer juga disebut ML yang mana merupakan singkatan dari nama aplikasi android tersebut yaitu Mobile Legends.

Game ini mempertemukan Dua tim yang terdiri dari 5 orang yang masing-masing mengendalikan avatar, yang dikenal sebagai "hero", dari perangkat mereka sendiri. Mereka berjuang untuk mencapai dan menghancurkan basis musuh sambil mempertahankan basis mereka sendiri untuk mengendalikan jalan setapak, tiga "jalur" yang dikenal sebagai "top", "middle" dan "bottom", yang menghubungkan basis-basis.

Untuk membantu dalam permainan terdapat karakter tambahan yang terkontrol komputer yang disebut "minions". Karakter tersebut merupakan karakter ter-lemah dalam Mobile Legends yang bertelur di basis tim dan mengikuti tiga jalur ke basis tim lawan, melawan musuh dan menara.

Menariknya banyak user game ML yang mendadak populer dengan memanfaatkan fitur streaming dan tutorial melalui platform Youtube, salah satunya Youtuber Jess No Limit yang meraih kesuksesan tersebut. Jess sendiri mendadak terkenal dan menjadi panutan user Mobile Legends pemula bahkan Channel Youtube nya mampu meraih 5jt Subscriber sejak dibuat pada 6 September 2017 lalu.

  • HAGO

Games Hago
Bermain Game sekaligus cari Teman lewat HAGO

Kalau aplikasi game android yang satu ini jauh berbeda dengan yang sebelumnya kita bahas. HAGO yang merupakan kumpulkan game online mini lebih mengedepankan pertemanan, bahkan tak sedikit yang mendapatkan jodoh melalui HAGO. Selain terdapat mini games online terdapat juga ruang obrolan dimana para pengguna bisa saling mengobrol satu sama lain secara berkumpul sekaligus.

Dikutip dari detikINET, Hago mengklaim posisinya di Google Play semakin kuat setelah mereka menggelar game Catch Hago Monster. Mereka menyebut Hago kini menjadi aplikasi sosial gaming yang paling banyak dimainkan di Indonesia. Jumlah pemainnya sendiri disebut mencapai 30 juta pengguna.

Menurut riset, Indonesia diperkirakan memiliki lebih dari 60 juta pemain gim mobile dan dipercaya akan terus bertumbuh mencapai 100 juta pemain pada 2019-2020. Bermain game telah menjadi hobi bagi orang Indonesia, karena mereka bisa melakukannya setiap hari sekitar 20 - 30 menit per game.

Itulah Daftar Game Android Terbaik 2019 menurut elvira-zone, bagaimana menurut kamu?