-->

Wednesday, July 19, 2017

Bigbang K-Pop Idol
Kini K-Pop menjadi ikon musik di Indonesia, terutama para remaja, bahkan seorang anak SD juga sudah menyukai K-Pop, namun di balik kepopulerannya, para idol K-Pop juga memiliki sederet jalan kehidupan yang juga cukup menyulitkan. Meskipun mereka selalu dikelilingi oleh kemewahan dan fans yang mencintai mereka, tapi kehidupan mereka juga tidaklah selalu mudah seperti yang kita bayangkan lho.

Pada dasarnya mereka juga sama seperti kita, sama-sama manusia, butuh makan, minum, istirahat. Jalan yang dilalui seorang idol untuk mencapai kesuksesan tak selamanya mudah dan tanpa hambatan. Mereka juga seperti manusia harus berjuang sekuat tenaga demi mendapatkan suatu kesuksesan. Waktu-waktu sulit juga akan sering mereka temui sebelum bisa merasakan puncak kesuksesan.

Fakta K-Pop Idol Yang Tidak Kalian Ketahui


baca juga : 2017 Jadi Ajang Comeback K-Pop Idol lama

1. K-Pop Idol itu Outsorching

EXO K-Pop Idol
Ya pekerjaan sorang K-Pop Idol memang terikat kontrak, Begini lebih jelasnya sekarang mereka bisa terus tampil karena ada kontrak. Namun tidak semua kontrak menguntungkan, terkadang justru malah memberatkan, apabila antusias masyarakat besar terhadap K-Pop Idol tersebut mungkin kontrak bisa menguntungkan, namun apabila pamor sudah meredup justru kontrak akan memberatkan, lebih parah lagi tidak ada kontrak, ya nggak bisa tampil di depan publik, seperti itulah K-Pop Idol.

Kita ambil contoh 4Minute, 2NE1, KARA, Sistar,  dan Rainbow, mereka memilih bubar karena kontrak mereka sudah selesai. Nah pertanyaanya berapa lama kontrak mereka? hampir semua agensi di Korea menerapkan standar kontrak 7 Tahun. Nah dalam 7 Tahun itulah seperti apa perkembangannya, apabila menguntungkan agensi sudah pasti diperanjang namun apabila tidak, besar kemungkinan mereka bubar. Hingga media menyebutnya Kutukan 7 Tahun.

2. Masalah Pembayaran

Honor bagi para idol K-Pop juga menjadi masalah yang sering diperbincangkan. Pasalnya, meskipun sudah debut, banyak dari idol yang tidak bisa langsung mendapatkan gaji mereka apalagi jika mereka idol dari perusahaan kecil. Mereka harus melunasi hutang pada agensi untuk biaya trainee, tempat tinggal, produksi album dan juga promosi.

Biasanya mereka baru bisa menikmati gaji pertama mereka saat sudah debut selama 3 tahun. Namun, jika mereka bisa selalu mencetak lagu hits dan memiliki banyak fans maka pembayaran gaji pun bisa kurang dari 3 tahun. Misalnya saja girlgroup GFRIEND yang bisa menerima bayaran hanya setelah 2 tahun sejak mereka debut karena mereka mampu mencetak banyak lagu hits seperti Me Gustas Tu, Rough dan Navillera.

3. Kurang Istirahat

NCT 127 K-Pop Idol
Perlu diingat, sebuah lagu bisa hits itu awalnya dari promosi dulu, Bayangkan aja kalian bikin lagu, yang menurut kalian atau teman-teman kalian bagus tapi tidak di promosikan, otomatis cuma teman kalian saja yang menyukai lagu kalian itu. Seorang K-Pop apabila mengeluarkan album biasanya mereka akan merilis mini album, full album hingga repackaged album hanya demi bisa melakukan promosi yang lebih lama.

Dahulu setiap grup biasanya akan mengeluarkan satu album tiap tahun dan melakukan promosi selama beberapa bulan. Akan tetapi saat ini pasar musik berubah menjadi platform digital sehingga para idol grup harus melakukan promosi lebih sering untuk cepat dikenal.


baca juga : Nu'est Kenapa Jadi Nu'est W?

Para idol yang harus melakukan promosi sepanjang tahun tentunya akan lebih sibuk dan jarang mendapatkan istirahat yang cukup. Tak hanya melakukan promosi di program musik ataupun melakukan fan signing dan konser, para idol juga dituntut untuk sering muncul di program variety show agar publik segera bisa mengenal mereka dan menjadi cepat populer. Lihat saja EXO yang rasanya jarang sekali memiliki waktu luang.

4. Harus Bisa Akting

Saat ini banyak sekali idol yang mencoba menggeluti dunia akting. Misalnya saja Suzy, IU, UEE, Nana, Yoona, Hyeri, Key SHINee, D.O hingga Sungjae. Para idol tersebut harus mampu membagi waktu antara promosi grup mereka dan juga bekerja sebagai aktor dan aktris.

SNSD K-Pop Idol
Masa kepopuleran seorang idol lebih pendek dari seorang aktor sehingga jika seorang idol bisa menjadi seorang aktor yang sukses tentu mereka akan sangat populer dalam waktu yang cukup lama. Selain itu, pekerjaan sebagai seorang aktor lebih mudah dikenal masyarakat daripada idol yang biasanya hanya dikenal bagi mereka yang hanya mengikuti musik K-Pop saja.

Namun saat ini bagi para anak muda di Korea mereka lebih tertarik untuk menjadi seorang idol daripada langsung menjadi seorang aktor. Seperti Park Bo Gum yang dulu sempat mengirimkan video saat ia bernyanyi ke beberapa agensi untuk menjadi seorang idol. Akan tetapi dengan bujukan dari perusahaannya ia pun mau beralih dan debut menjadi seorang aktor.

Saat ini banyak agensi yang menyuruh para idol mereka untuk mengambil kelas akting. Hal itu pun ditujukan agar setiap idol bisa memiliki kemampuan akting yang mumpuni jadi bisa sewaktu-waktu terjun ke dunia akting agar kepopulerannya tidak meredup.

5. Punya Mental Baja

Menjadi seorang idol tentunya juga akan menjadi pusat perhatian bagi banyak orang. Umumnya sikap selebriti selalu menjadi bahan sorotan yang paling banyak dibicarakan di portal berita. Misalnya saat seorang idol muncul di variety show dan menunjukkan wajah yang sombong atau tidak tertarik, maka komunitas online akan membesar-besarkan hal itu dan menjadi suatu berita baru.

Bahkan, postingan seorang idol di media sosial juga sering dikritik jika hal itu dianggap tidak biasa dan aneh. Setiap gerak-gerik idol akan selalu diperhatikan dan jika ditemukan ada yang janggal maka komunitas online pun akan membahasnya hingga para idol bisa memiliki citra yang negatif.

Jika seorang idol yang dianggap bermasalah itu meminta maaf karena sikapnya, biasanya mereka pun masih tetap saja mengkritik mereka hingga idol tersebut benar-benar merasa stres. Jika idol tersebut tidak memiliki mental yang kuat, pastinya ia akan mudah sekali jatuh dan menyerah dengan kariernya.

Menjadi seorang idol K-Pop yang terkenal memang sering kali membuat kita iri. Namun, pada kenyataannya mereka juga memiliki kehidupan yang cukup sulit untuk dijalani. Jadi lebih baik kita selalu bersyukur dengan hidup kita dan selalu menghargai kerja keras dari para idol favorit kita saja ya