-->

Wednesday, July 19, 2017

Fidget Spinner adalah sebuah mainan unik yang ternyata bukan sebatas mainan, fidget spinner sendiri mulai melanda banyak negara pada bulan April lalu, termasuk Indonesia. Keunikan fidget spinner ini disinyalir dapat menghilangkan stress, Namun saking boomingnya fidget spinner sebuah Lembaga Pengawasan dan Perlindungan Konsumen Rusia (Kalo di Indonesia BPSK) menilai seolah ada agenda tersembunyi dibalik fidget spinner ini, karena promosi terhadap fidget spinner ini terlalu berlebihan.

Fidget Spinner
Mereka menilai bahwa fidget spinner ini dijadikan sebuah alat untuk menghipnotis atau mengosongkan fikiran seseorang dan kemudian memanipulasinya dengan berita konspirasi politik. Hal itu terjadi karena kelompok oposisi rusia memanfaatkan demonstrasi anti-korupsi yang digagas oleh aktivis Aleksei A. Navalny menjadi sebuah penjualan fidget spinner. Sebuah tayangan yang memperlihatkan spanduk bertuliskan "Spinners from Navalny" atau "Spinners dari Navalny" pun dimunculkan.

Demo di Rusia / Fidget Spinner
"Dengan cara itu, oposisi menarik anak-anak muda. Mereka yang memahami teknologi politik, mereka mengerti dengan sangat jelas bahwa benda sederhana ini sedang mengontrol masyarakat," ujar seorang nara sumber yang dikutip dari The New York Times

Namun sebenarnya bukan hanya Pemerintah Rusia yang protes terhadap promosi fidget spinner ini, Pemerintah Amerika Serikat dan Jerman juga sepakat protes terhadap promosi fidget spinner. Kedua negara ini menghawatirkan akan efek samping fidget spinner dilihat dari segi keamanan dan kesehatan.

Bahaya Fidget Spinner
Contohnya di Amerika Serikat. Kelompok pemerhati konsumen di sana mengatakan ada potensi anak-anak akan menelan potongan fidget spinner secara tak sengaja. Selain itu, mereka pun mengingatkan bahwa baterai lithium yang terdapat pada fidget spinner bisa menimbulkan kebakaran. Sedangkan otoritas Jerman menyita 35 ton fidget spinner di sebuah bandara pada Juni lalu. Mereka berencana untuk menghancurkan semuanya karena menilai benda itu tak aman.

Well benarkah ada agenda tersembunyi dibalik fidget spinner, yang jelas saran saya untuk kalian yang mempunyai fidget spinner untuk berhati-hati dalam memainkannya, jangan sampai teralu keasyikan ya.