-->

Friday, July 21, 2017

Kamu masih sekolah atau kuliah, ada baiknya mulai belajar cari uang sendiri, di sela-sela sekolah dan kegiatan lain, kamu bisa memanfaatkan momen itu untuk menambah uang saku kalian. Karena tak bisa dipungkiri sebenarnya kebutuhan anak remaja zaman sekarang tidak cukup dengan uang Rp 10.000,- saja, bener nggak gaess?

Mulai dari pembelian kuota, alat kecantikan, belum lagi kebutuhan jajan sehar-hari seolah semua kebutuhan itu sudah dimulai sejak kamu masih berada di dunia pendidikan. Nah, untuk memenuhi kebutuhan itu cobalah kalian lakukan usaha-usaha simple seperti ini.

1. Konter Berjalan

Konter Berjalan
Pulsa itu kebutuhan sehari-hari, semua orang punya smartphone bukan? Belum lagi hampir semua HP zaman sekarang kebanyakan dual sim, udah bisa kamu bayangin bukan berapa pulsa yang dibutuhkan untuk satu orang. Ya memang usaha ini butuh modal tidak sedikit, tapi sebenarnya kalau kalian memang punya keinginan yang kuat, kalian bisa mulai menyisihkan Uang Jajan kalian untuk deposito pulsa.

Satu hal yang perlu diingat untuk menjadi konter berjalan yang sukses yaitu jangan pernah mengutangkannya kalau modal kamu sedikit.

2. Selebgram 

baca juga : Tips Buka Usaha Untuk Pemula 

Selebgram
Jadi selebgram mungkin salah satu pekerjaan sampingan yang nggak sulit buat kamu. Soalnya, kamu sudah akrab sama dunia Instagram. Kalau emang punya niat jadi selebgram dan dapat uang dari endorse, mulai sekarang kamu perlu menunjukan kretivitas kamu dan cari followers sebanyak-banyaknya.

3. Blogger atau Vlogger

Blogger dan Vlogger
Nggak semua blogger dan vlogger itu nulis gratis atau hanya dikasih produk gratis. Beberapa blogger dan vlogger dibayar untuk me-review produk tertentu. Syaratnya hampir sama kayak selebgram. Kamu bisa mengambil gambar yang bagus, kreatif, dan harus punya skill nulis atau bikin storyline yang disukai banyak orang.

4. Freelance writer 

baca juga perbedaan kerja kantoran dengan freelance


Freelance Writer
Kalau kamu merasa nggak bisa jadi selebgram, blogger, atau vlogger karena kamu nggak suka menunjukan diri kamu, kamu bisa coba pekerjaan sampingan yang satu ini. Kamu hanya perlu menulis dengan konten tertentu. Untuk jadi freelance writer, kamu bisa bekerja sendiri dengan mempromosikan jasa kamu ke orang terdekat atau bekerja di perusahaan tertentu.

5. Fotografer

Fotografer
Jadi fotogreafer juga pekerjaan keren. Syaratnya kamu harus punya kemampuan dalam mengambil gambar, mencari sudut yang pas untuk mengabadikan objek kamu. Biasanya jasa kamu sangat dibutuhkan dalam momen penting kerabat dekat, sepeti nikahan, ulang tahun, atau acara lainnya.
 
6. Penyanyi

Penyanyi
Kalau suka menyanyi dan suaramu bagus, bisa kamu gunakan untuk kegiatan positif yang menghasilkan uang. Jadi penyanyi nggak harus tunggu sampai bikin album dulu. Hasilnya bisa kamu upload ke Youtube atau Instagram. Siapa tahu ada yang mau memakai jasa kamu di acara tertentu. Walau pekerjaan ini nggak setiap hari, honor sekali nyanyi lumayan buat uang jajan.

Mana yang paling cocok untuk kamu? Apapun itu, jangan lupakan belajar, ya. Kerja boleh, tapi belajarnya jangan dikesampingkan. Sisahkan sedikit uangmu untuk ditabung, jadi kalau kamu sedang ingin libur kerja, kamu masih punya simpanan untuk senang-senang bareng teman.