-->

Monday, July 17, 2017

Tidak bisa dipungkiri bahwa kemampuan public speaking sangat jarang dimiliki orang, biasanya kepribadian orangnya juga agak berbeda dari yang lain, biasanya tipe orang seperti itu lebih mudah bergaul, walaupun terkadang ceplas ceplos tapi tidak asal nyerocos. Sedangkan untuk orang yang tidak menguasai public speaking biasanya beberapa dari kita merasa canggung dan mengalami demam panggung ketika sedang presentasi baik sendiri atau bersama kelompok belajarmu. Jangan khawatir, sebenarnya itu bisa di rubah, asalkan kita punya kemauan, punya keinginan. berikut tips nya :

1. Belajar dan Berlatih
 

Belajar Public Speaking
Cara ampuh mengatasi demam panggung tentu saja dengan sering berlatih. Kemampuan berbicaramu akan selalu stuck disitu saja kalau kamu enggan berlatih berbicara di depan umum. Cobalah mulai melatihnya dengan mengemukakan pendapatmu saat berdiskusi dengan teman organisasi, teman segengmu, atau keluargamu.

baca juga : Tips Menguasai Public Speaking
 
2. Berlatih di Depan Cermin


Berlatih di Depan Cermin
Cara yang satu ini memang sering dilakukan banyak orang. Melatih berbicara dihadapan cermin akan membantumu memonitor gesture maupun intonasi yang kamu gunakan untuk menjelaskan materi presentasi.

3. Hindari Minum Kopi

Hindari Kopi
Selain dua cara diatas, menghindari minum kopi juga dapat membantumu lebih fokus dalam memahami materi presentasi yang akan kamu sampaikan. Daripada minum kopi, kamu justru dianjurkan minum air putih untuk membuat tubuhmu lebih rileks.

4. Olahraga Ringan

Olahraga Ringan
Olahraga ringan beberapa jam sebelum presentasimu dapat membantumu mengusir rasa grogi. Kamu bisa mencobanya dengan melakukan pemanasan selama 30 menit atau hanya sekedar jogging di sekitar komplek rumahmu.