-->

Monday, July 17, 2017

Habis aktivitas seharian terkadang tanpa dirasa debu menempel pada kulit karena keringat, tahukah anda bahwa itu bisa membawa parasit dan bisa membuat tubuh kita gatal-gatal. Pernah merasa aneh dengan kondisi kulit tubuhmu? Misalnya, gatal-gatal yang hanya terasa di bagian lipatan tubuh saat malam datang. Jika di kamarmu tak ada nyamuk, kamu mungkin harus waspada dengan parasit yang kerjanya menyerang kulit manusia, bernama scabies.

Kulit Gatal
Parasit tersebut bersifat nokturnal, artinya ia lebih aktif di malam hari. Scabies juga biasanya hanya menyerang bagian tubuh tertentu, yaitu yang dijadikannya sarang. Misalnya di bagian lipatan dan kulit yang tipis seperti ketiak, pusar, selangkangan, dan alat kelamin.

Dokter spesialis kulit dan kelamin, Jonathan Raharjo Subekti mengatakan bahwa scabies ditularkan dari manusia ke manusia. Penularan biasa terjadi akibat memakai handuk, pakaian, atau tempat tidur secara bergantian atau bersama-sama.



baca juga : Dehidrasi Bisa Memicu Bau Kaki

Untuk mengatasinya, Jonathan menyarankan :

Gunakan krim dengan kandungan permethrin. 

Caranya dengan dioleskan ke seluruh tubuh dari leher sampai ujung kaki. Jangan lupa mengoleskannya di lipatan tubuh.

Kuman Penyebab Gatal
Jika ingin hasil yang maksimal, sebaiknya krim tersebut dioleskan setelah mandi dan pada malam hari. Pemakaian diulangi tiap hari, sampai rasa gatal hilang. Selain penderita, sebaiknya orang yang sering berinteraksi atau setiap orang yang berada dalam satu rumah juga melakukan pengobatan agar parasit itu terbasmi total.

Selain mengobati tubuh, jangan lupa mencuci pakaian, sprei, sarung bantal guling dengan air panas agar parasit-parasit yang menyerang kita jadi mati.