-->

Sunday, July 30, 2017

8 Tempat Yang Wajib Kamu Kunjungi Keitka Sunset
Sunset

Sunset adalah waktu dimana matahari terbenam, biasanya momen sunset adalah salah satu momen yang tak ingin dilewatkan oleh para traveler. Sebagian orang percaya bahwa melihat matahari terbenam merupakan kenangan yang tak dapat dilupakan saat liburan.

Harus kita akui bahwa salah satu cara untuk melihat kebesaran Tuhan yaitu dengan menyaksikan matahari terbenam. Efek cahaya ketika deitk-detik matahari terbenam sangat mempengaruhi pemandangan alam disekitarnya.

Kalian hobi traveler?  Nih coba abadikan liburan kalian ketika sunset di tempat-tempat berikut, tapi hati-hati kalian bisa ngiler jadi pengen cepet-cepet liburan ya. Berikut 8 tempat yang wajib diabadikan ketika sunset :

# Bali

8 Tempat Yang Wajib Kamu Kunjungi Keitka Sunset
Sunset di Bali

Bali adalah primadona nya Indonesia, banyak pelancong atau turis dari mancanegara mengenal Indonesia karena Bali. Salah satu yang masih hangat dan dapat kita ingat adalah ketika Marc Marquez di wawancara oleh Trans 7. Waktu itu pembalap Honda dengan nomor 93 ini menceritakan bahwa dia mengenal Indonesia karena Bali, pemandangan di Bali sangat indah.

Tempat wisata di Bali memang tak pernah habis memberi kejutan. Hadirnya spot baru dengan panorama memukau. Pulau Bali memiliki sangat banyak obyek wisata menarik untuk dikunjungi, mulai dari objek wisata alam dan aktivitas wisata seni dan budaya Bukan hanya menjadi tempat incaran liburan para turis mancanegara, Bali juga salah satu favorit liburan selebritis tanah air. Kalian sudah pernah ke Bali? Buat yang belum buruan abadikan liburan kamu di bali ketika sunset ya gaess.

Masa ke Bali cuma itu-itu aja, sunset nya nggak diabadiin nyesel lho.

# Bandung - Jawa Barat

8 Tempat Yang Wajib Kamu Kunjungi Keitka Sunset
Sunset di Bandung

Kota Bandung merupakan kota metropolitan terbesar di Provinsi Jawa Barat, sekaligus menjadi ibu kota provinsi tersebut. Kota ini terletak 140 km sebelah tenggara Jakarta, dan merupakan kota terbesar di wilayah Pulau Jawa bagian selatan

Ya Bandung juga tidak kalah dengan Bali, meskipun Bandung itu bukan daerah Pantai, namun momen ketika matahari terbenam di bandung patut kita abadikan juga. Kultur adat Sunda yang kental di kota Bandung, menambah keunikannya gaess. Udaranya yang sejuk menambah juga menjadi salah satu nilai tambah. Kita ambil contoh Kawah Putih, melihat matahari terbenam di Kawah Putih ternyata bakalan jadi salah satu pengalaman menarik buat kalian.

Bukan hanya Kawah Putih, masih banyak lho gaess destinasi wisata di Bandung yang pantas untuk dibadaikan ketika matahari terbenam.Tak heran banyak orang yang menyebut nama Bandung dengan sebutan Paris Van Java. Ada yang pernah mencoba mengabadikan Sunset di Kota Kembang ini?

# Borobudur - Jawa Tengah

8 Tempat Yang Wajib Kamu Kunjungi Keitka Sunset
Sunset di Borobudur

Sama seperti di Bandung, Borobudur juga sebenarnya bukan daerah pantai. Namun melihat matahari terbenam di Borobudur bisa menjadi salah satu pilihan kalian gaess.

Borobudur merupakan salah satu warisan budaya Indonesia, yang menurut para ahli merupakan salah satu candi terbesar bukan hanya di Indonesia bahkan di seluruh dunia. Candi Budha yang teretak di Kota Magelang Jawa Tengah ini berada di sebelah barat daya Kota Semarang. Kalau dari Yogyakarta kurang lebih jaraknya 40 km.

Bukan hanya melihat kebesaran Tuhan, dengan melihat sunset di Borobudur kita juga bisa nyaksikan karya hebat leluhur kita pada masa kerajaan Mataram

# Bukit Nipah - Lombok Utara

8 Tempat Yang Wajib Kamu Kunjungi Keitka Sunset
Sunset di Bukit Nipah - Lombok Utara

Indonesia bagian timur seolah-olah adalah surga yang terpendam di Indonesia, tak banyak orang mengenalnya namun ketika melihatnya bisa saja kalian speechless dengan keindahan alam yang masih jarang terjamah. Bukit Nipah salah satunya, daerah pantai seperti Bukit Nipah sekarang ini banyak menjadi incaran para turis karena merupakan satu dari ribuan spot mengagumkan untuk selfie, apalagi selfie ketika sunset dijamin deh gak pengen pulang lihat keindahannya.

Nipah sendiri sebenarnya merupakan nama untuk dua tempat sekaligus yaitu sebuah bukit dan pantai yang ada di bawahnya. Pantai Nipah berbentuk teluk yang diapit Tanjung Blambanan di utara dan Tanjung Serombong di selatan. Orang-orang pribumi Bukit Nipah atau biasa dikenal Malimbu 2 sering menghabiskan waktu ngabuburitnya di sana gaess.

# Ende - Pulau Flores

8 Tempat Yang Wajib Kamu Kunjungi Keitka Sunset
Sunset di Ende

Masih di Indonesia Timur nih gaess, Ende juga merupakan spot instagramable yang wajib kamu kunjungi, suasana pantai yang masih asri dan indah sangat cocok untuk berenang. Kebayang nggak sih kalian lihat suasana pantai pada gambar diatas, hayo siapa yang pengen ke Ende?

Ada Kampung Adat Wolotopo yang terletak 14 kilometer dari pusat Kota Ende ini adalah kampung adat megalitikum dengan adat-istiadat yang masih kental. Kita bisa berkeliling kampung, melihat rumah adat Wolotopo dan kuburan-kuburan batu. Jika kita berkunjung di sore hari, kita bisa melihat indahnya Teluk Sawu dan Gunung Meja dari atas bukit.

Ada Danau Kelimutu, Danau Tiga Warna, danau yang sudah tersohor ke penjuru dunia. Merupakan satu-satunya danau yang memiliki tiga warna dan tidak dapat diprediksi kapan warnanya akan berubah-ubah. Waktu yang tepat untuk mengunjungi danau ini adalah waktu subuh agar bisa menikmati pemandangan matahari terbit yang berpadu dengan keindahan Danau Kelimutu. Cerita tentang Danau Kelimutu bisa kalian baca di "Danau Kelimutu dan Cerita Rakyatnya" & "Pesona Ende, Pesona Danau Tiga Warna, Kelimutu".

Apakah kamu tahu bahwa Bung Karno pernah diasingkan selama empat tahun (1934-1938) di Ende? Apakah kamu tahu bahwa Pancasila merupakan buah pemikirannya di bawah pohon sukun bercabang lima? Jadi sekalian aja ke Taman Renungan Bung Karno dan ke Rumah Pengasingan Bung Karno

Tanya saja kepada penduduk di Ende, tidak ada yang tidak tahu dimana Rumah Pengasingan Bung Karno berada. Berlokasi di Jalan Perwira, rumah kecil nan sederhana ini menyimpan banyak barang bersejarah ketika Bung Karno diasingkan di Ende bersama keluarganya.

Kita sama-sama tahu bahwa Nusa Tenggara Timur terkenal sekali dengan kain tenun ikatnya. Di Ende kalian bisa belajar tentang pola tenun dan belajar asal dari tiap-tiap warna dan arti tiap motif di kain tenun. Menarik sekali...

Kalau ditanya, tempat paling gaul se-Ende, ya Pantai Ria. Kita bisa duduk santai di tepi pantai, menikmati es kelapa muda dan teduhnya Laut Sawu. Di Sepanjang Pantai Ria terdapat banyak pondokan untuk bersantai yang juga menjajakan berbagai jenis makanan olahan laut.

Walaupun rumah adat Sao Ata Mosa Lakitana yang tersisa di Kampung Adat Jopu hanya satu (karena kebakaran), kalian akan terkesima dengan cerita adat yang dibawakan oleh Mama Maria. Menjadi satu-satunya orang yang mampu berkomunikasi dengan bahasa Inggris, Mama Maria dikenal oleh seluruh wisatawan yang datang ke Kampung Adat Todo. Beliau mampu menjelaskan secara detil makna dari setiap benda dan guratan yang ada di rumah adat tersebut. Cerita lengkapnya akan saya tulis segera ya.

Mau mencari beragam kain tenun ikat dengan harga yang bersahabat? Pasar tradisional adalah jawaban yang tepat. Jangan lupa untuk berkunjung ke Pasar Ende jika kalian ingin memanjakan mata dengan warna-warni tenun ikat dan membawanya sebagai buah tangan.

Di masa lalu Ende adalah sebuah kota tempat pengasingan sekaligus pengucilan salah satu tokoh sangat penting Indonesia yakni Bung Karno. Jadi misinya hampir sama seperti borobudur, sunset bertema sejarah dengan nuansa pantai. Keren kan?


# Gili Lawa Darat - Pulau Komodo

8 Tempat Yang Wajib Kamu Kunjungi Keitka Sunset
Sunset di Gili Lawa Darat Pulau Komodo

Jika wisatawan menuju Pulau Komodo dan sampai di pintu gerbangnya, pasti wisatawan akan berdecak kagum. Yah, itulah Gili Lawa yang merupakan pintu gerbang menuju Taman Nasional Komodo. Pulau ini tak berpenghuni yang terletak di Sumba Timur Nusa Tenggara Timur (NTT).

Gili Lawa terbagi atas dua yaitu Gili Lawa Darat dan Gili Lawa Laut. Lokasi kedua gili ini bersebrangan. Gili Lawa Darat berada di antara Gili Lawa Laut dan Pulau Komodo.

Pulau ini dipenuhi hamparan savanna, yang apabila musim hujan padang savanna ini akan berwarna hijau dan akan menguning saat memasuki musim kemarau. Untuk melihat keindahan yang lebih, wisatawan harus trekking dulu menuju puncak yang membutuhkan waktu sekitar setengah jam dengan jalur yang cukup menguras tenaga, disarankan untuk menggunakan sandal dan sepatu lapangan.

Sesampainya di puncak, kelelahan wisatawan akan terbayar dengan suguhan pemandangan yang begitu menakjubakan, terdapat bukit-bukit yang hijau, laut dan langit yang biru menjadi satu membentuk sebuah keindahan.

Jika wisatawan penikmat senja, wisatawan bisa menunggu untuk terbenamnya matahari dan menikmati keindahan senja yang ada di Gili Lawa ini. Tak hanya itu, keindahan lainnya tidak hanya di permukaan saja, namun Gili Lawa juga menyuguhkan keindahan bawah lautnya yaitu terumbu karang dan biota lautnya yang mampu menghipnotis para pecinta diving
Nah barusan kalian sudah mengenal pesona Gili Lawa Darat kalian tinggal mengabadikannya momen sunsetnya deh.

# Labuan Bajo - Nusa Tenggara Timur

8 Tempat Yang Wajib Kamu Kunjungi Keitka Sunset
Sunset di Labuan Bajo - NTT

Selain Ende, Ternyata Nusa Tenggara Timur masih punya Labuan Bajo, yang merupakan salah satu desa dari 9 desa dan kelurahan yang berada di kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur ini adalah destinasi lengkap. Bawah laut sampai atas buktinya cantik, lalu ada komodo si Naga Purba. Wah komplit ya gaess.

Indahnya Sunset manalagi coba yang kamu dustakan. Tadi di Bandung ada, di Bali ada, di Jawa Tengah ada, di Lombok ada, belum lagi Raja Ampat. wah bener-bener Wonderful Indonesia kan? Valentino Rossi aja pernah ke sini, masa kalian enggak? Udah tau kan, sebelumnya Valentino Rossi pernah diam-diam liburan disini? Nggak banyak orang yang tahu tapi berita ini cepat menyebar. Malah sempet jadi Trending Topic Twitter.

# Bonus (Tanah Lot - Bali)

8 Tempat Yang Wajib Kamu Kunjungi Keitka Sunset
Sunset di Tanah Lot - Bali

Nah ini dia gaess yang membuat Indonesia harum di mancanegara, Tanah Lot itu namanya. Pantai ini selalu dihujani para wisatawan, terutama Bule gaess. Di sini ada dua pura yang terletak di atas batu besar. Satu terletak di atas bongkahan batu dan satunya terletak di atas tebing mirip dengan Pura Uluwatu.

Menurut kabar, orang Bali membuatnya menjadi ikon wisata Bali, tapi nyatanya bukan hanya orang bali, seluruh Indonesia mengakui Tanah Lot sebagai ikon pariwisata di Indonesia. Siang hari saja sudah indah pemandangannya, apalagi pas sunset, ngiler dijamin bro.

So tunggu apalagi gaess, buruan abadikan momen sunset kalian di 8 tempat tadi.

Credit : Thanks buat temen saya Febri (@irbef_k) untuk koleksi fotonya.