-->

Saturday, September 9, 2017

5 Fakta Hacker Indonesia Yang Ditakuti

Hacker adalah orang yang mempelajari, menganalisa, dan selanjutnya bila menginginkan, bisa membuat, memodifikasi, atau bahkan mengeksploitasi sistem yang terdapat di sebuah perangkat seperti perangkat lunak komputer dan perangkat keras komputer seperti program komputer, administrasi dan hal-hal lainnya, terutama keamanan. Terminologi hacker muncul pada awal tahun 1960-an diantara para anggota organisasi mahasiswa Tech Model Railroad Club di Laboratorium Kecerdasan Artifisial Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Kelompok mahasiswa tersebut merupakan salah satu perintis perkembangan teknologi komputer dan mereka berkutat dengan sejumlah komputer mainframe.Kata hacker pertama kalinya muncul dengan arti positif untuk menyebut seorang anggota yang memiliki keahlian dalam bidang komputer dan mampu membuat program komputer yang lebih baik ketimbang yang telah dirancang bersama.

Hacker pada masa ini memiliki konotasi negatif karena aksi-aksinya yang mengakibatkan kerugian pihak tertentu seperti mengubah tampilan suatu situs web, menyisipkan kode-kode virus dsb. Hacker menggunakan celah-celah keamanan yang belum diperbaiki oleh pembuat perangkat lunak (bug). Tetapi pada masa lalu,dan beberapa golongan hacker masa kini, masih mempertahankan budaya penganalisaan sistem. Sudah bukan rahasia lagi bahwa Indonesia memiliki begitu banyak peretas alias Hacker yang tersebar di seluruh Nusantara. Di mata dunia, Hacker Indonesia dikenal berbahaya dan tidak akan segan-segan melakukan perilaku cyber crime untuk membobol sistem atau mencuri data.

Namun sebelum kepada Fakta Hacker Indonesia Yang Ditakuti, kita coba mengenal dulu lebih dalam tentang jenis hacker. Biasanya para hacker dibagi menjadi 2 golongan dan White Hat Hackers & Black Hat Hackers,dimana fungsi dan pekerjaan yang dilakukannya berbeda.
  • White hat hacker adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada Hacker yang secara etis menunjukkan suatu kelemahan dalam sebuah sistem komputer.White hat secara umum lebih memfokuskan aksinya kepada bagaimana melindungi sebuah sistem, dimana bertentangan dengan black hat yang lebih memfokuskan aksinya kepada bagaimana menerobos sistem tersebut.
  • Black hat hacker adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada Hacker yaitu mereka yang menerobos keamanan sistem komputer tanpa ijin, umumnya dengan maksud untuk mengakses komputer-komputer yang terkoneksi ke jaringan tersebut. Istilah cracker diajukan oleh Richard Stallman untuk mengacu kepada hacker dalam arti ini. Untuk itu, Jaka akan beberkan 5 Fakta mengapa hacker Indonesia bisa ditakuti dunia. Simak ulasannya berikut ini.
Lalu, apakah yang membuat hacker Indonesia ditakuti dunia? Tentu saja bukan tanpa alasan hacker Indonesia disebut berbahaya dan ditakuti oleh negara-negara lain di seluruh dunia. Berikut 5 Fakta Yang Bikin Hacker Indonesia ditakuti Dunia.

# Negara Dengan Jumlah Hacker Terbanyak di Dunia

Hacker Indonesia Paling Banyak
Hacker Indonesia Paling Banyak

Fakta mengejutkan ini diungkap Rudi Lumanto selaku Ketua Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (ID-SIRTII). Ia mengatakan bahwa Indonesia menempati urutan pertama dengan persentase 38% sebagai negara dengan jumlah hacker terbanyak disusul Tiongkok, Amerika Serikat, Taiwan, Turki, India dan Rusia.

Banyaknya jumlah hacker di Indonesia diduga karena banyaknya media untuk mempelajari tentang hacking yang tersedia seperti tutorial dari internet, youtube hingga buku. Petunjuk dari berbagai media tersebut sangat detail hingga membuat orang-orang Indonesia sangat gampang menjadi seorang hacker.

# Hacker Muda dengan Skill Menakutkan

Hacker Muda Indonesia
Ilustrasi : Hacker Muda Indonesia

Mungkin bukan hal yang perlu ditakutkan jika sebuah negara memiliki banyak hacker, tapi dengan skill tak ada apa-apanya dibandingkan hacker dari negara lain. Namun, jangan salah menilai hacker di Indonesia. Tak hanya berjumlah banyak, hacker Indonesia juga memiliki skill yang menakutkan dan berbahaya.

Bahkan tidak sedikit hacker Indonesia masih berusia remaja, tapi memiliki skill luar biasa layaknya profesional. Sebut saja Sultan Haikal, hacker lulusan SMP berusia 19 tahun yang belum lama berhasil meretas situs Tiket.com yang mengakibatkan kerugian sebesar 4,1 Milyar.

# Ahli Bobol Situs dan Website Berbagai Negara


Pembobolan Situs Kenegaraan
Ilustrasi : Pembobolan Situs Kenegaraan

Bukan sekali dua kali hacker Indonesia berhasil membobol situs dan website dari berbagai Negara. Yang paling baru dan heboh adalah aksi bobol situs Malaysia oleh hacker Indonesia akibat insiden bendera terbalik pada ajang SEA Games Kuala Lumpur 2017.

Baca juga berita menarik lainnya : Di Kota Ini Alat Elektronik Dilarang

Hacker Indonesia yang begitu berang dengan kesalahan pihak Malaysia itu pun bergerak cepat. Puluhan situs resmi dan website pemerintahan milik Malaysia diretas. Salah satu situs Malaysia bahkan diubah tampilannya dengan gambar bendera Malaysia yang terbalik mewakili sakit hati warga Indonesia atas insident bendera terbalik di SEA Games tersebut.

# Jago Perang Hacker


Perang Hacker
Jago Perang Hacker

Kehebatan Indonesia dalam dunia hacker sudah tidak dapat diragukan lagi. Siapa pun yang mencoba mengusik para hacker Indonesia harus bersiap menghadapi perang yang berujung pada kekalahan. Pada tahun 2013 silam terjadi perang hacker antara Indonesia dengan Australia.

Perang ini bermula pada saat hacker Australia berhasil meretas sebuah situs dan memampangkan ratusan nomor kartu kredit dalam sebuah website. Yang membuat hacker Indonesia terpancing adalah terdapat nama-nama orang Indonesia lengkap dengan alamat email dan kode penerbangan turut diumbar begitu saja di website tersebut.

Hacker Indonesia semakin berang sebab hacker Australia dengan sengaja mengatakan bahwa daftar panjang kartu kredit itu adalah milik pelanggan pesawat Garuda Indonesia yang mereka curi. Tak tinggal diam, hacker Indonesia pun beraksi.

Kurang dari 24 jam, 178 website Australia diacak-acak. Serangan itu berjalan selama berhari-hari bahkan situs pemerintah Australia pun ikut terkena serangan. Peringatan dari hacker Australia dan serangan balik pun tak menjadi hambatan. Hacker-hacker Indonesia terus menyerang sampai hacker Australia menyerah dan memohon melalui video youtube yang diunggah agar Indonesia menghentikan serangan hacking yang membabi buta.

# Bisa Mengendalikan Satelit


Jim Geovedi Hacker Satelit
Jim Geovedi Hacker Satelit

Jim Geovedi mendadak mendapat sorotan dunia karena berhasil meretas sebuah satelit. Bukan sekedar meretas, ia bahkan bisa mengubah arah atau menggeser posisi satelit tersebut sesuai keinginannya. Kemampuan Jim sudah diakui secara internasional padahal ia mengaku belajar hacking secara otodidak tanpa kuliah. Hebatnya lagi, ia mengaku bisa mengendalikan internet di seluruh dunia jika ia mau.

Itulah 5 Fakta yang membuat Hacker Indonesia ditakuti dunia. Bagaimana? Masih berani macam-macam dengan Indonesia? Siap-siap kena serangan cybercrime menakutkan dari para hacker Indonesia yang berbahaya dan menakutkan.

Nah sekaran Apa Pendapat Masyarakat Tentang Hacker…..???

Kata seorang Hacker : Mau coba hack tinggal tergantung dari kemauan dan perasaan jiwa nya atas keperibadianya .Jangan takut mempelajari sesuatu hal yang baru, karena dari situ ilmu security bisa didapat.

Kata pakar IT Roy Suryo : Logikanya, hecker itu sama dengan pencuri. Bisa iseng bisa juga memang profesi. “Yang mengherankan, di Indonesia hecker derajatnya lebih terhormat. Bahkan sampai ada seminar bagaimana menjadi hecker,” heran Roy Suryo .

Kata pakar IT Onno W. Purbo : Hacker dengan keahliannya dapat melihat & memperbaiki kelemahan perangkat lunak dikomputer; biasanya kemudian di publikasikan secara terbuka di Internet agar sistem menjadi lebih baik. Sialnya, segelintir manusia berhati jahat menggunakan informasi tersebut untuk kejahatan – mereka biasanya disebut cracker. Pada dasarnya dunia hacker & cracker tidak berbeda dengan dunia seni, disini kita berbicara seni keamanan jaringan Internet.

Itulah Sedikit penjelasan tentang hacker, untuk informasi tentang hacker lebih lanjutnya akan elvira bahas pada artikel selanjutnya.