-->

Thursday, September 7, 2017

Green Bank, Daerah Aman Radio

Green Bank Virginia Barat Amerika Serikat
Green Bank Virginia Barat Amerika Serikat

Green Bank adalah sebuah kota kecil di Daerah Virginia Barat Amerika Serikat. Pada Tahun 2010 Green Bank hanya memiliki penduduk berjumlah 143 dan angka itu bertahan hingga sekarang. Green Bank dinyatakan sebagai National Radio Quiet Zone AS sejak tahun 1958, yang berarti bahwa transmisi radio sangat dibatasi oleh undang-undang. Kebijakan ini ditegakkan oleh "polisi radio" yang menggunakan peralatan khusus untuk mendeteksi sinyal dari elektronik yang tidak sah.

Perumahan di Kota Green Bank
Perumahan di Kota Green Bank

Sebagai orang yang terbiasa hidup dengan ponsel, lengkap dengan Wi-Fi, dan mengandalkan hiburan dari radio dan televisi, kota yang satu ini pasti terasa seperti neraka. Di kota ini, ttidak ada transmisi elektromaknetik yang berfungsi. Jika kita memasuki kota tersebut, suara radio yang sedang kita dengarkan akan pelan-pelan menghilang dan tergantikan dengan noise, tanda kehilangan transmisi. Sinyal ponsel pun akan menghilang.

Baca juga : Inilah Perbedaan Kualitas Internet di Amerika dan Indonesia

Green Bank menjadi kota yang terisolasi dari segala macam sinyal, alasannya Peralatan elektronik ataupun gadget dapat mengganggu sinyal dari Teleskop-teleskop raksasa yang ada disana. Teleskop itu sangat sensitif sehingga dapat terganggu oleh sinyal elektronik, bahkan dari microvawe sekalipun. Jika ada penduduk kota yang nekad menyalakan Wi-Fi, pemerintah bisa mendeteksinya dan akan mengirimkan petugas untuk meminta mereka mematikan perangkat Wi-Fi tersebut. keamanan. Lokasinya berada di , sehingga wilayah yang secara hukum diharuskan bebas dari alat bertransmisi radio. Hal ini dilakukan untuk kepentingan penelitian ilmiah dan intelijen militer.

Parabola Raksasa di Green Bank
Parabola Raksasa di Green Bank

Di Green Bank memang terdapat dua rangkaian teleskop raksasa milk National Radio Astronomy Observatory (NRAO) dan milik National Security Agency (NSA). Rangkaian teleskop raksasa pertama berfungsi memantau pergerakan bintang, nebula dan supernova, sedangkan yang kedua dipakai untuk keperluan intelijen.teleskop radio terberat terbesar di dunia , yang dioperasikan oleh Observatorium Astronomi Radio Nasional (NRAO) sampai 30 September 2016. Sejak 1 Oktober 2016, Teleskop telah dioperasikan. oleh Green Bank Observatory, yang bukan lagi bagian dari NRAO. Saat itu berada di Situs Green Bank pada tahun 1961 bahwa Frank Drake mempresentasikan Persamaan Drake, yang dikembangkan untuk memberikan perkiraan jumlah peradaban luar angkasa yang terdeteksi di galaksi Bima Sakti .

Karena Green Bank berada di dalam Zona Tenang, banyak orang yang percaya bahwa mereka menderita hipersensitivitas elektromagnetik menemukan rumah baru di dalam perbatasannya. Bagi sebagian orang, Green Bank mungkin terasa seperti neraka. Namun bagi mereka yang mengidap Electronic Hypersensitivity (EHS), kota kecil itu akan terasa seperti surga. Karena orang dengan EHS sensitif terhadap paparan radiasi elektromagnetik. Mereka akan merasa pusing, mual, dan kesehatannya terganggu ketika berada di dekat BTS atau Wi-Fi, meskipun gelombang elektromagnetik yang dipancarkan tergolong masih ada dalam batas aman untuk manusia.

Kira-kira kamu tertarik nggak tinggal atau mungkin sekedar berwisata ke tempat tanpa Wi-Fi dan alat transimisi radio seperti di Green Bank?