-->

Saturday, July 15, 2017

Bau kaki selalu bikin keki, pemicunya biasanya terlalu banyak keringat. Meskipun keringat memang diperlukan oleh tubuh tapi jika terlalu berlebihan bisa membuat kita kena dampak negatifnya yaitu bau badan lho.Apalagi yang berkeringat di bagian kaki nih, kaki kita pun akan jadi bau dan bisa membuat orang lain terganggu nih. Akan tetapi menurut seorang podiatrist atau seorang dokter kaki, Dina Gohil yang berkerja sama dengan Canespro Fungal Nail Treatment Set menjelaskan alasan baik saat kaki kita berkeringat.

"Konsentrasi kelenjar keringat tertinggi dapat ditemukan di kaki kita. Tujuannya adalah untuk memberikan kelembaban pada kulit yang bisa membantu menenangkan kita. Ini adalah cara tubuh untuk mengatur suhu tubuh kita," ungkap Dina Gohil dikutip dari Cosmopolitan.

Meskipun berkeringat di kaki memang memiliki tujuan yang baik bagi tubuh, tapi jika kaki menjadi bau karena keringat berlebihan juga tentu sangat menjengkelkan nih.

Mencegah Bau Kaki Menurut Dr. Dina Gohil

Dr. Dina Gohil
1. Menggunakan sepatu kulit

Menggunakan sepatu kulit rupanya bisa membuat kaki kita lebih kering dan tak mudah berkeringat nih. Memang harganya sedikit lebih mahal, tapi sepatu dari bahan kulit jauh lebih baik dibandingkan dengan sepatu dari bahan lainnya seperti plastik.

Sepatu kulit bisa membuat kulit kaki kita bernafas lebih baik dan fleksibel sehingga kaki kita pun tak akan berkeringat berlebihan

2. Jangan gunakan sepatu yang kekecilan

Menggunakan sepatu yang kekecilan atau terlalu ketat di kaki membuat jari-jari kaki terlalu berdempetan dan tidak menyisakan banyak ruang untuk bergerak. Jika jari-jari kaki kita sesak di dalam sepatu maka udara pun tak bisa lewat dan kulit kaki tak bisa bernafas sehingga meningkatkan keringat. Jadi lebih baik kalian memakai sepatu yang masih memberikan sedikit ruang pada kaki ya.

3. Jangan memakai satu pasang sepatu untuk segala aktivatas setiap hari

Menggunakan sepatu yang sama setiap hari saat pergi bekerja atau beraktivitas lainnya bisa juga membuat kaki kita bau nih. Jadi sebaiknya kalian mencoba menggunakan sepatu yang berbeda agar udara dalam sepatu tersebut bisa berganti dan tak bau. Jika kalian tetap memakai sepatu yang sama setiap hari maka kaki pun bisa menjadi lebih bau dan bahkan jamur pun bisa muncul nih.

baca juga tips lainnya : penyebab diet yang tidak kita sadari

4. Rajin mengganti kaos kaki

Kaos kaki memang memiliki banyak manfaat seperti bisa mencegah kaki kita dari lecet saat memakai sepatu. Penggunaan kaos kaki pun harus kalian perhatikan ya dan cobalah untuk memakai kaos kaki dari bahan yang bisa membuat kaki kita cukup udara.

Selain itu, pastikan untuk memakai kaos kaki berdasarkan musim ya. Misalnya saat musim panas lebih baik gunakan kaos kaki yang tipis saja daripada menggunakan yang tebal karena hanya akan membuat kaki berkeringat.

5. Jangan sampai dehidrasi

Saat tubuh kita dehidrasi ternyata juga bisa membuat kaki kita berkeringat berlebihan nih. Jadi kalian harus memastikan untuk selalu banyak minum air agar cairan tubuh selalu terpenuhi. Bila cukup terhidrasi maka tubuh pun akan mudah untuk mengatur suhu sehingga tidak lagi mudah berkeringat yang berlebihan.