-->

Wednesday, September 6, 2017

Video Anji Tentang Plagiat

Pada Mei 2011, Anji atau Manji resmi meninggalkan grup musik yang telah membesarkan namanya yaitu Drive. Hal ini disebabkan karena kejadian konflik antara Anji dengan manajemen bandnya. Meskipun sudah keluar dari Drive, pesona Anji tidak padam. Pelantun Dia itu memulai solonya dengan berduet bersama Titi Kamal dalam singel berjudul resah tanpamu. Lagu itu kemudian dimasukkan ke dalam album Titi Kamal yang berjudul Lebih Baik Sendiri.

Penjelasan Anji Tentang Plagiat
Penjelasan Anji Tentang Plagiat

Tak cukup menjadi penyanyi solo ternyata masih ada kegundahan dalam hati Anji. Kecintaan anji terhadap musik memang tidak dapat diragukan lagi, Laki-laki yang memiliki nama lengkap Erdian Aji Prihartanto ini bukan hanya jago nyanyi dan memiliki suara yang bagus dan khas tetapi juga peduli terhadap situasi dan kondisi perkembangan musik di Indonesia.

Dalam sebuah video yang ia unggah di youtube, pria kelahiran Jakarta, 5 Oktober 1979 ini mengungkapkan kepeduliannya terhadap perkembangan musik Indonesia dan juga keprihatinannya terhadap kasus plagiat musik. Ia mencontoh kasus plagiat yang terjadi pada Lagu Via Vallen berjudul Sayang yang dianggap meniru lagu Kiroro berjudul Mirai e. Perlu diketahui berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia, plagiat merupakan kata nominal yang berarti pengambilan karangan atau pendapat orang lain dan
menjadikan seolah-olah karangan atau pendapatnya itu buatan sendiri. Bukan hanya dianggap plagiat, lirik lagu Sayang yang dinyanyikan dan dipopulerkan Via Vallen itu ternyata dikabarkan miliki Anton Obama. Anton obama memang menulis lirik lagu sayang, namun dalam versi jawa sedangkan Via Vallen mempopulerkannya dalam versi Indonesia.

Baca juga  : Cerita Dibalik Kamu Kamu Kamu, Lagu Terbaru Ayu Tingting

Bukan hanya membahas Lagu Sayang - Via Vallen, Pria yang mengeluarkan Album solo perdana berjudul Luar Biasa pada Tahun 2011 ini juga membahas tentang kasus plagiat yang terjadi pada lagu Selamanya Aku Milikmu punya Yuni Shara yang dianggap menjiplak lagu Tong Hua (Fairy Tale) milik penyanyi Malaysia Michael Wong alias Guang Liang. Tapi beda kasus dengan Via Vallen, Yuni Shara mengkonfirmasi melalui telepon kepada Anji bahwa dia membeli Lisensi lagu Tong Hua terlebih dahulu sebelum menyesuaikannya dengan Lirik Lagu Semalanya Aku Milikmu.

Video Anji Tentang Plagiat


Nah itu dia penjelasannya, ternyata Anji membuat video tentang plagiat karena dia memang peduli terhadap perkembangan musik Indonesia. Terima kasih anda baru saja membaca artikel yang berjudul Anji Membuat Video Plagiat? Masa Sih?.